Opini

Manisnya Dana Hibah Bisa Menjadi Jalan Menuju Hotel Prodeo

Pasal 1666 KUHPerdata, definisi hibah adalah pemberian dari seseorang semasa hidupnya  kepada orang lain yang masih  hidup secara cuma-cuma

TribunnewsDepok.com/dok. Pribadi
Kepala Subseksi Ekonomi Keuangan dan Pengamanan Pembangunan Strategis pada Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Depok sekaligus Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pamulang, Alfa Dera, Jumat (2/9/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CILODONG - Kosa kata “Hibah” memang sudah tidak asing lagi kita dengar dalam pergaulan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan literatur ada beberapa pengertian hibah  antara lain:

Menurut kompilasi hukum  Islam, hibah adalah pemberian  suatu benda secara sukarela  dan tanpa imbalan dari  seseorang kepada orang lain  yang masih hidup untuk dimiliki.

Pasal 1666 KUHPerdata, definisi hibah adalah pemberian dari seseorang semasa hidupnya  kepada orang lain yang masih  hidup secara cuma-cuma.

Adapun tujuan penghibahan agar penerima hibah dapat menikmati manfaat dari suatu penghibahan.

Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 mengatur Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah menjelaskan pengertian hibah merupakan bantuan berupa uang, barang, dan/atau jasa yang berasal dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah lain.

 

 

Serta masyarakat, dan badan usaha dalam negeri atau luar negeri yang tidak mengikat untuk menunjang peningkatan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Belanja hibah diberikan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah lainnya, badan usaha milik negara, BUMD, dan/atau badan dan lembaga, serta organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia.

Belanja hibah diatur harus memenuhi kriteria antara lain peruntukannya secara spesifik telah ditetapkan, bersifat tidak wajib, tidak mengikat, tidak terus menerus setiap tahun anggaran.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved