Pemilu 2024

KPU Kota Bogor Apresiasi Keterlibatan Generasi Muda yang Menjadi Anggota PPS

Sebagai Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin tentu bangga sebab hadirnya sosok anak muda yang ingin terlibat langsung dalam pesta demokrasi Indonesia.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Cahaya Nugraha
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Samsudin usai melakukan tes seleksi wawancara kepada 472 pelamar anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Samsudin angkat bicara terkait adanya anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Bogor yang terbilang masih muda. 

Nazwa Salsabila (19) merupakan anggota PPS termuda di Kota Bogor, Jawa Barat. 

"Sesuai dengan persyaratan memang bahwa minimal umur untuk anggota PPS itu 17 tahun. Nazwa secara administratif juga lengkap, sehingga dipastikan bisa ikut tes tertulis, dan di tes tertulis juga lolos kemarin dan kita lakukan wawancara, karena memang baik juga dari segi kemampuan, menjawab dan lain sebagainya meskipun muda akhirnya ia kami tetapkan," ungkap Samsudin ditemui selepas melantik 204 PPS Kota Bogor. 

Baca juga: Ini Dia Sosok Anggota PPS Termuda di Kota Bogor

Sebagai Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin tentu bangga sebab hadirnya sosok anak muda yang ingin terlibat langsung dalam pesta demokrasi Indonesia.

"Saya sangat bangga ternyata anggapan generasi muda itu cuek dan abai terhadap politik itu tidak terbukti. Buktinya dia (Nazwa) meskipun masih muda dia mau berkontribusi aktif dengan mendaftarkan diri sebagai anggota PPS dan akhirnya bisa ditetapkan juga," ungkapnya

Dengan jiwa dan semangat muda, Samsudin memastikan akan memberikan pendampingan dan pemahaman kepada mereka hingga berhasil ikut mensukseskan pemilu 2024.

"Akan kami buat seperti gelas kosong yang bisa siap kami berikan bimtek pemahaman agar mereka menjadi baik dengan modal itu saya yakin mereka menjadi orang yang berhasil ke depannya," ungkapnya.

Baca juga: Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Tegaskan Dukung Kerja KPU saat Pelantikan PPS Pemilu 2024

Sementara, Nazwa tidak bisa menyembunyikan rasa senangnya, sebab diakuinya ia tidak menyangka bisa sampai sejauh ini. 

Ketika ditanya apa yang mendasari dirinya ingin menjadi anggota PPS, Nazwa mengatakan ia ingin terlibat secara aktif dan langsung dalam pemilu 2024.

"Yang pasti ingin terlibat secara langsung dalam Pemilu 2024, selama ini kan hanya tahu di depan layar saja, sementara yang bekerja di balik itu kita gak tahu, saya juga perlu tahu seperti apa orang-orang yang mensukseskan Pemilu," katanya saat ditemui. 

"Bersyukur bisa masuk anggota PPS sehingga dapat tahu juga orang-orang yang bekerja di balik layarnya seperti apa," sambungnya. 

Baca juga: Imam Budi Hartono Sampaikan Pesan Ini Kepada Petugas PPS KPU Kota Depok Demi Suksesnya Pemilu 2024

Nazwa memastikan dirinya siap mensukseskan pemilu 2024 sebab katanya, menjadi anggota PPS merupakan pengalaman pertamanya sehingga ia akan menjadikan pengalaman ini menjadi yang berharga untuknya dan akan dimaksimalkan untuk hal tersebut. 

Nantinya, Nazwa akan bertugas di kelurahan Sindangsari, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. 

"Adapun tahapan yang sudah saya lalui antara lain Administratif, tes tertulis metode Computer Assisted Test (CAT) dan terakhir wawancara," jelas Nazwa. 

Nazwa tak menampik, semula dirinya hanya coba-coba.

Baca juga: Imam Budi Hartono Hadiri Pelantikan PPS dan Senang dengan Telah Lengkapnya Struktur KPU Kota Depok

"Awalnya memang coba tapi optimis yakin bisa diterima karena memang ingin menggali ilmu juga dari sekian ratus PPS yang umumnya sudah memiliki pengalaman sebelumnya dan ingin tahu juga di pemilu itu seperti apa, tahapannya apa saja," ungkap Nazwa sambil tersenyum gembira.  (M33) 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved