Breaking News:

Opini

Perbaikan Manajemen ASN dalam Menjaga Netralitas ASN dari Kegiatan Politik

Menjaga netralitas ASN dari kegiatan politik. Hal ini disampaikan mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia.

Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Ilustrasi, Perbaikan Manajemen ASN dalam Menjaga Netralitas ASN dari Kegiatan Politik 

Penulis: Pearly Syifa Maharani. Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Indonesia

 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Perbaikan manajemen ASN dalam menjaga netralitas ASN dari kegiatan politik.

Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pegawai yang memiliki kedudukan sebagai unsur aparatur negara. ASN terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam menyelenggarakan pemerintahan, ASN harus terbebas dari intervensi politik maupun kepentingan golongan tertentu.

Di Indonesia, keterlibatan ASN dalam kegiatan politik seringkali terjadi ketika menjelang masa pemilihan umum kepala daerah (pilkada).

Keterlibatan ASN dalam kegiatan politik ini jelas merupakan pelanggaran netralitas ASN yang seharusnya perlu ditegakkan oleh ASN.

Baca juga: Menteri Kesehatan Minta Ahli FKUI Bahas Hepatitis Akut, Ini Penjelasan Dekan FKUI Prof Ari Fahrial

Manajemen ASN berperan untuk menciptakan ASN yang profesional, bersih dari intervensi politik, dan praktik KKN dengan berusaha untuk menyeimbangkan antara kepentingan atasan, pegawai, dan masyarakat melalui penegakan disiplin ASN, mengatur kebebasan berpendapat ASN, serta membatasi ASN dari kegiatan dan afiliasi politik yang dilakukan untuk menjaga asas netralitas ASN.

Sebenarnya terdapat beberapa peraturan perundang-undangan yang ditetapkan untuk menjaga netralitas ASN dari aktivitas politik misalnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 (UU ASN) yang mengatur bahwa PNS yang merupakan bagian dari ASN dilarang menjadi pengurus maupun anggota partai politik.

Asas netralitas dijelaskan pada pasal 2 huruf f UU ASN yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN harus dilakukan sesuai dengan asas netralitas.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved