UI Depok

Bulan Inovasi UI, Rektor Prof Ari Kuncoro Sebut UI Bertransformasi Menuju Entrepreneurial University

Univeritas Indonesia menggelar Bulan Inovasi UI. Rektor UI Prof Ari Kuncoro sebut UI bertransformasi menuju nntrepreneurial university.

Dok. Universitas Indonesia
Bulan Inovasi UI, Rektor Prof Ari Kuncoro Sebut UI Bertransformasi Menuju Entrepreneurial University. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Bulan Inovasi UI, Rektor Prof Ari Kuncoro sebut UI bertransformasi menuju Entrepreneurial University.

Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) menyelenggarakan Bulan Inovasi UI sebagai upaya menjalankan salah satu tujuan Tridharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) tahun 2021.

Dari siaran pers Universitas Indonesia, Bulan Inovasi UI dilaksanakan pada 9, 10, 12, dan 13 Agustus 2021, dan diselenggarakan melalui platform zoom, serta disiarkan secara live streaming di kanal youtube UI.

Kegiatan tersebut terdiri dari rangkaian webinar, focus group dicussion, talkshow, dan pameran inovasi virtual, dengan mengangkat topik terkait tahap perkembangan riset dan inovasi para akademisi.

Kemudian pengelolaan kekayaan intelektual, hilirisasi produk riset dan inovasi melalui kerja sama lisensi komersialisasi atau membentuk start-up hingga pembahasan tentang funding dan strategi menarik investor yang diperlukan bagi start-up.

Baca juga: Bulan Inovasi UI, Rektor Prof Ari Kuncoro Sebut UI Bertransformasi Menuju Entrepreneurial University

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara tersebut.

Prof. Ari menyampaikan bahwa UI senantiasa berupaya menjadi pemberi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa.

Hal itu yang mendorong UI bertransformasi menuju Entrepreneurial University.

Berbagai aktivitas yang dilakukan UI, termasuk dalam bidang riset dan inovasi, tidak lagi bertujuan sekadar mendorong terciptanya reputasi akademik melalui publikasi dan jumlah hak kekayaan intelektual.

Melainkan juga untuk hal yang berdampak lebih besar dengan mendorong hilirisasi dan komersialisasi seluruh daya pikir dan berdaya cipta.

Baca juga: Bale Jentera Food Corner, Green Resto di Pancoran Mas, Depok untuk yang Suka Kuliner Nusantara

UI juga berperan besar menjadi mitra terbaik pemerintah dalam penyusunan kebijakan berbasis publik (evidence based policy) diantaranya dalam penanganan pandemi, pembatasan sosial, strategi vaksinasi, dan isu lainnya.

“Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, dan sivitas akademika UI, serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas karya produk riset dan inovasi produk kekayaan intelektual maupun tercapainya hirilisasi produk riset dan inovasi,” ujar Prof. Ari.

Dalam webinar sesi pertama Bulan Inovasi UI yang bertajuk “Kemerdekaan Indonesia yang Ke-76 dengan Kemandirian Produksi Alkes: Ventilator UI dalam E-Catalog LKPP” menghadirkan empat pembicara, yaitu Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng (Dekan Fakultas Teknik UI), Dr. Basari, S.T., M.Eng. (Ketua Tim Ventilator UI dan Ketua Program Studi Teknik Biomedik FTUI).

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved