Kementerian Agama Depok

Depok Tak Lagi Pakai Buku Nikah, Kemenag Depok Terbitkan Kartu Nikah Digital, Begini Cara Dapatnya

Kementerian Agama Depok tak lagi menggunakan buku nikah sebagai bukti sah pernikahan, melainkan menerbitkan Kartu Nikah Digital.

Tribunnews.com
Ilustrasi, Depok Tak Lagi Pakai Buku Nikah, Kemenag Depok Terbitkan Kartu Nikah Digital, Begini Cara Dapatnya 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Depok tak lagi pakai buku nikah, Kemenag Depok terbitkan Kartu Nikah Digital, begini cara dapatnya.

Berdasarkan Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok siap menerapkan pemberlakuan kartu nikah digital bagi pasangan pengantin. 

Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi, mengatakan, kebijakan tersebut nantinya akan mengubah pemberlakukan bukti nikah yang sebelumnya berupa buku fisik menjadi digital.

"Bahwa sekarang pemberlakukan buku nikah secara fisik itu sudah tidak ada, diganti secara digital online," kata Asnawi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (10/8/2021).

Untuk mengenalkan perihal kebijakan tersebut kepada masyarakat, Asnawi mengatakan akan ada sosialisasi terhadap penggunaan kartu nikah digit yang dilakukan kepada calon pengantin.

Penggunaan kartu nikah digital juga bertujuan mempermudah pasangan pengantin membawa dokumen nikah.

"Tujuannya kan agar mempermudah seseorang dalam segi perjalanan kehidupan, mungkin suatu saat dia terjadi apa-apa di jalan atau tempat kerja yang membutuhkan waktu yang cepat,"

"Maka dia langsung bisa menunjukan barcodenya kemudian bisa langsung print, bahwa dia sudah menikah," ujarnya. 

Dalam pemberlakuan buku nikah digital, lanjut Asnawi, terdapat sejumlah mekanisme untuk mendapatkan kartu nikah digital. 

Di antaranya, pasangan calon pengantin terlebih dahulu harus mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Web di www.simkah.kemenag.go.id.

Selanjutnya, pasangan calon pengatin harus mengisi data-data dengan lengkap. Termasuk nomor telepon dan alamat email yang masih aktif.

"Setelah pasangan pengantin rampung melaksanakan akad nikah, kartu nikah digital akan dikirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah didaftarkan melalui Simkah,"

"Kartu nikah digital nantinya akan dikirimkan dalam bentuk tautan atau link ke email dan Whatsapp," paparnya.

Kartu nikah digital tidak hanya bisa dimiliki oleh pasangan yang baru nikah tetapi juga diperuntukkan bagi pasangan yang sudah lama menikah.

Tahapan Mengajukan Kartu Nikah Digital


1. Datang ke Kantor Urusan Agama tempat menikah.


2. Data pernikahan dimasukkan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).


3. Kartu nikah digital akan dikirim melalui email dalam bentuk soft file.

  • Berita Terkait :#Kementerian Agama Depok

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved