Berita Nasional

Kembangkan UMKM, Sandiaga Uno Ajak Kawula Muda Tangsel Manfaatkan Digitalisasi

Sandiaga Uno Ajak Kawula Muda di Tangsel Manfaatkan Digitalisasi Kembangkan UMKM. Berikut selengkapnya

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat menghadiri Webinar Nasional bertajuk 'Semangat UMKM Pemuda Pemula Sebagai Upaya Pemilihan Ekonomi Nasional' pada Kamis (17/2/2022) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIPUTAT TIMUR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno membuka kegiatan Seminar Nasional bertajuk 'Semangat UMKM Pemuda Pemula Sebagai Upaya Pemilihan Ekonomi Nasional'.

Seminar yang digelar secara virtual itu digagas oleh Himpunan Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) Program Studi Perbankan Syariah berlangsung pada Kamis (17/2/2022).

dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan tema yang diusung pada kegiatan tersebut sangat dibutuhkan bagi kaum milenial di tengah pesatnya perkembangan ekonomi digital.

Menurutnya para peserta yang banyak digandrungi kaum milenial Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini harus mampu mengikuti perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis digital. 

Ditambah, kondisi pandemi covid-19 berdampak terhadap pergeseran konsumen yang lebih banyak beraktifitas pada e-commerce. 

"Nilai ekonomi digital Indonesia meroket 49 persen year on year menjadi 70 miliar dolar pada Tahun 2021. Masyarakat Indonesia pun mengalami perubahan perilaku konsumsi, tercermin dari peningkatan jumlah konsumen digital yang mencapai 21 juta sejak Januari 2021," kata Sandi pada sambutan kegiatan Webinar tersebut, Ciputat Timur, Kota Tangsel, Kamis (17/2/2022).

Ia pun berharap Webinar ini dapat memberikan dampak baik bagi kaum milenial untuk berinovasi sebagai entrepreneur. 

"Melalui seminar nasional ini kami harap dapat menghasilkan bibit-bibit entrepreneur yang dapat menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada kebangkitan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkapnya. 

Baca juga: Viral Soal Tak Bayar Utang Tak Bisa Dipidana, Hotman Sampaikan Klarifikasi-Tampar Wajah Sendiri

Baca juga: Viral Hotman Paris Sebut Tak Bayar Utang Tak Bisa Dipidana, Lucas : Kredit Macet Bisa Dipidana

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan kaum milenial di Kota Tangsel harus mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk menjadi seorang entrepreneur. 

Kata ia, pihak Pemerintah Kota Tangsel siap mendorong kehadiran para pelaku UMKM yang belakangan ini banyak didominasi kawula muda. 

"UMKM muda harus mampu memanfaatkan peluang dan tantangan. Pemerintah sangat terbuka dan men-support anak muda khususnya milenial dan gen-z," kata Pilar pada kegiatan tersebut, Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangsel, Kamis (17/2/2022).

Semantara itu, Komisaris Independen PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Muhammad Muchlas Rowi mengatakan agar para kaum muda tak patah arang sebagai seorang pelaku UMKM

Menurutnya sebagai seorang pelaku UMKM harus dapat memiliki langkah-langkah sebelum memulai bidang usahanya. 

"Dan dalam memulai bisnis ada dua hal yang harus dimiliki. Pertama mindset dimulai dari mindset akan menjadi sebuah kesadaran yang akan terealisasi secara nyata," ucap Muchlas. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved