Berita UI

Tingkatkan Wirausahawan Muda Indonesia, Begini Tips yang Disampaikan Dekan FEB UI Teguh Dartanto

Ini cara Dekan FEB UI Teguh Dartanto untuk meningkatkan wirausahawan muda Indonesia. Mereka perlu diberikan ide baru.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Tingkatkan Wirausahawan Muda Indonesia, Begini Tips yang Disampaikan Dekan FEB UI Teguh Dartanto. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Tingkatkan wirausahawan muda Indonesia, begini tips yang disampaikan Dekan FEB UI Teguh Dartanto.

Guna memberikan edukasi kepada para wirausahawan muda agar mampu bersaing dan bertahan di dunia usaha, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) Indonesia menyelenggarakan Webinar: Indonesia Development Talk, secara daring pada Jumat kemarin.

Baca juga: Duta Besar Federasi Rusia Beri Kuliah di FISIP UI, Sampaikan Tentang Ekspor Indonesia

Acara bertema “Incubating Indonesia's Young Entrepreneurs: Recomendation for Improving Development Program” menghadirkan lima pembicara, yaitu Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis, dan Kewirausahaan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Erika Budiarti Laconi, MS.

Kemudian Direktur Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) UI, Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., MUP., Ph.D.; Direktur Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi Bappenas, Dr. Tatang Muttaqin, Project Leader, UKM Indonesia– Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI, Dewi Meisari Haryanti, dan Senior Project Officer for Education, ADB, Sutarum Wiryono.

Baca juga: Wujudkan Wirausaha Muda Syariah Sukses, Ini yang Dilakukan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI

Webinar tersebut dibuka oleh Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D.

Menurutnya, ide-ide baru dalam dunia bisnis perlu diberikan pada generasi muda untuk mendorong terciptanya inovasi.

Salah satu upayanya adalah dengan memasukkan pendidikan inovasi ke dalam kurikulum pengajaran.

“Semoga dari seminar ini kita banyak belajar dan mendapatkan insight, termasuk menghasilkan kolaborasi tidak hanya antara UI dan ADB, tetapi juga dengan universitas lain,” kata Teguh.

Kegiatan ini akan terus diselenggarakan sebagai realisasi Memorandum of Agreement antara ADB dan FEB UI tentang Depository Library.

Country Director for Indonesia, ADB, Jiro Tominaga juga menyampaikan bahwa webinar ini merupakan webinar lanjutan yang membahas pendekatan dan solusi inovatif untuk menghadapi pembangunan di Indonesia.

“Seminar ini penting karena startup memiliki peran yang sangat signifikan. Banyak startup yang membuka cara baru untuk menjual produk mereka. Oleh karena itu, merupakan langkah tepat apabila pemerintah dan pelaku bisnis terus mengembangkan inovasi dan talenta generasi muda Indonesia demi memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Jiro.

Baca juga: UI dan Pertamina Dorong Percepatan Inkubasi Bisnis, Ini Kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ahmad Gamal, menurutnya perlu diciptakan program inkubasi yang fleksibel karena kondisi dan tantangan yang dihadapi startup berbeda-beda.

Diperlukan struktur untuk mengatur proses identifikasi hingga pengembangan startup. “Tidak semua startup yang masuk ke program inkubasi UI diizinkan mengembangkan produk.

Jika mereka tidak mampu memvalidasi problem dan solusinya, mereka tidak akan diikutsertakan dalam product market fit.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved