Berita UI

Duta Besar Federasi Rusia Beri Kuliah di FISIP UI, Sampaikan Tentang Ekspor Indonesia

Sampaikan tentang ekspor Indonesia, Duta Besar Federasi Rusia H.E. Lyudmila Georgievna Vorobieva beri kuliah di FISIP UI.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Duta Besar Federasi Rusia Beri Kuliah di FISIP UI, Sampaikan Tentang Ekspor Indonesia. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Duta Besar Federasi Rusia beri kuliah di FISIP UI, sampaikan tentang ekspor Indonesia.

Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, H.E. Lyudmila Georgievna Vorobieva, hadir sebagai pembicara utama pada kuliah umum di Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Jumat kemarin.

Baca juga: Wujudkan Wirausaha Muda Syariah Sukses, Ini yang Dilakukan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI

Ia menyampaikan tentang sejarah panjang kerja sama antara Federasi Rusia dan Indonesia, pada kuliah umum “Studium Generale: Russia, Indonesia, and The Indo Pacific” yang dilaksanakan melalui zoom meeting.

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, dengan moderator Ristian Ariandi Supriyanto, dosen Ilmu Hubungan Internasional UI.

Baca juga: Program CAPITA FKUI Berupaya Hilangkan Stigma dan Diskriminasi Pasien TB

Prof. Semiarto berharap, meski kondisi tidak memungkinkan para peserta bertemu langsung, acara ini dapat memberikan wawasan mengenai hubungan antara Federasi Rusia dan Indonesia.

Menurutnya, meskipun diadakan secara virtual, saya harap tidak mengurangi semangat untuk berdiskusi tentang apa yang ditawarkan kebijakan luar negeri Rusia di Asia, termasuk Indonesia.

"Semoga kuliah ini bermanfaat untuk kepentingan bekal Indonesia-Rusia di masa depan," katanya.

H.E. Lyudmila Georgievna Vorobieva mengatakan, kedua negara memulai hubungan diplomasi secara resmi pada 3 Februari 1950.

Sejak itu, Federasi Rusia dan Indonesia membangun kerja sama dalam berbagai bidang, meliputi transportasi, infrastruktur, energi, teknologi, agrikultur, dan sebagainya.

Baca juga: UI dan Pertamina Dorong Percepatan Inkubasi Bisnis, Ini Kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi

Pemimpin negara maupun jajaran menteri Indonesia dan Federasi Rusia secara rutin melakukan konsultasi terutama dalam bidang keamanan.

Dalam bidang perdagangan, meskipun dalam situasi pandemi, kerja sama bilateral ini mencapai angka tiga miliar dolar Amerika. Angka tersebut belum mencapai target yang ditetapkan oleh kedua negara, yaitu lima miliar dolar Amerika.

Pada tahun 2021, perdagangan meningkat sebanyak 40 persen, sehingga target tersebut tidak sulit dicapai. Kerja sama Indonesia dan Rusia di bidang perdagangan mencapai surplus yang baik.

Baca juga: Dies Natalies ke-72 Universitas Indonesia, Tak Tergoyahkan Sebagai Kampus Nomor Satu di Indonesia

Ekspor Rusia ke Indonesia didominasi pupuk, logam, minyak, dan gas. Sementara itu, dari Indonesia, Rusia mengimpor banyak minyak sawit.

Duta Besar Federasi Rusia tersebut juga membahas mengenai dinamika dalam konsep Indo-Pasifik. Federasi Rusia mendukung ASEAN Outlook on Indo-Pacific.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved