Breaking News:

Berita UI

Wujudkan Wirausaha Muda Syariah Sukses, Ini yang Dilakukan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI

Ini yang dilakukan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI untuk wujudkan wirausaha muda Syariah sukses.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Kompas.com
Wujudkan Wirausaha Muda Syariah Sukses, Ini yang Dilakukan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Wujudkan wirausaha muda syariah sukses, Ini yang dilakukan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI.

Sebagai negara dengan populasi muslim termasuk terbesar di dunia, Indonesia menjadi surga bagi pengusaha yang memanfaatkan pasar dan bisnis berbasis Islam.

Berbagai usaha berlabel Islam memasuki pasar dan diminati masyakarat, bahkan sebagian mampu menggeser produk konvensional yang mendahuluinya.

Baca juga: Program CAPITA FKUI Berupaya Hilangkan Stigma dan Diskriminasi Pasien TB

Fenomena ini menjadi topik bahasan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PEBS FEB UI).

Kemudian Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Kementerian BUMN (PT Biofarma dan PT Rajawali Nusantara Indonesia) dalam Seminar Wirausaha Muda Syariah di Auditorium Soeria Atmadja FEB UI, Kamis kemarin.

Tema yang diangkat adalah “Pengembangan Ekonomi Syariah kepada Wirausaha Muda dalam Mendukung Keberlanjutan dan Kemandirian”, dan dihadiri sekitar 800 peserta secara hybrid.

Menurut Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D, para wirausaha muda yang bergerak di bisnis syariah harus mampu mengembangkan diri demi terciptanya bisnis yang beretika Islam dan bermanfaat bagi lingkungan.

Baca juga: UI dan Pertamina Dorong Percepatan Inkubasi Bisnis, Ini Kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi

Direktur Utama ID FOOD, Arief Prasetyo Adi, salah seorang narasumber, menyatakan bahwa seminar ini merupakan sarana edukasi bagi generasi muda, khususnya mahasiswa dan pelaku usaha startup di bidang kewirausahaan dan etika bisnis syariah.

Ia berharap kegiatan ini dapat mendorong lahirnya wirausahawan muda syariah yang sukses, inovatif, dan memiliki usaha yang berkelanjutan.

Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan MoU Kerja Sama Kolaborasi dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat.

Pahala Nugraha Mansury (Wakil Menteri BUMN I) menyampaikan bahwa wirausaha di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara tetangga, sehingga masyarakat, terutama generasi muda, harus berpartisipasi dalam kegiatan kewirausahaan.

Keterlibatan generasi muda dalam program ini akan berimplikasi positif bagi pengembangan industri halal di Indonesia.

"Program edukasi dan sosialisasi pengembangan jiwa entepreneurship di kalangan mahasiswa harus dilakukan secara masif," tutur Pahala Nugraha.

Dalam seminar tersebut, sesi panel dimulai dengan pemaparan materi oleh Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal (JPH), Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama RI Ahmad Umar.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved