Gigi dan Mulut Tak Terawat Berisiko Penyakit Jantung 3 Kali Lebih Tinggi

Dari studi menyebutkan, orang yang memiliki permasalahan gigi berlubang parah, berisiko terkena penyakit jantung hingga tiga kali lebih tinggi.

Editor: murtopo
dok Helosehat
Perawatan gigi dan mulut. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Ign Agung Nugroho

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Jangan pernah abai dengan perawatan gigi dan mulut. 

Perlunya dua hal tersebut diperhatikan, agar kita terhindar dari permasalahan kesehatan yang lebih serius, termasuk kesehatan jantung.

Menurut dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP (K) FIHA, FAsCC, pakar kardiologi dari RSJPD Harapan Kita dan Heartology CV Center Brawijaya Hospital Saharjo, dari studi menyebutkan, orang yang memiliki permasalahan gigi berlubang parah, berisiko terkena penyakit jantung hingga tiga kali lebih tinggi.

"Gangguan pada jantung yang seringkali berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut adalah endokarditis. Hal ini terjadi, ketika kuman masuk ke aliran darah sehingga memicu peradangan dan kerusakan pada katup jantung dan menyebabkan kebocoran," kata dokter Ario di acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 yang berlangsung secara virtual pekan lalu.

Baca juga: Keladi Tikus dan Daun Sirsak Bahan Obat Herbal, Ini Khasiatnya Bagi Kesehatan

Lebih lanjut ia menjelaskan, kumpulan kuman yang menempel pada jaringan yang luka itu, akan meningkatkan risiko infeksi lanjut dan stroke, sehingga diperlukan penanganan segera dan operasi katup, bahkan penggantian katup jantung.

"Kuman salah satunya dapat berasal dari kondisi kesehatan gigi yang buruk seperti gigi berlubang parah. Jadi, endokarditis sangat bisa dicegah, termasuk dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta rutin memeriksakan gigi," kata dokter Ario.

Permasalahan gigi dan mulut juga menjadi perhatian pihak Pemerintah. 

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada menurunnya pemanfaatan layanan kesehatan gigi dan mulut oleh masyarakat. 

Baca juga: Kelola Obat dan Perbekalan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Bogor Luncurkan Si Oke

"Hal ini tentunya dapat menjadi tantangan bagi kita dalam mewujudkan Indonesia bebas karies tahun 2030," katanya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved