Berita Kabupaten Bogor

Kelola Obat dan Perbekalan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Bogor Luncurkan Si Oke

Kelola Obat dan Perbekalan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Luncurkan Si Oke. Berikut Selengkapnya

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Sistem pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan berbasis web, Si Oke 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIBINONG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor meluncurkan inovasi “Si Oke” pada Jumat (8/10/2021).

Si Oke dirancang sebagai sistem pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan berbasis web.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan Si Oke diluncurkan sebagai bentuk komitmen Pemkab Bogor mendorong dan membangun budaya inovasi melalui kolaborasi dan kompetisi di berbagai sektor.

“Begitu besar komitmen dan perhatian Pemkab Bogor terhadap inovasi, kini kami memiliki 199 inovasi. Salah satunya Sistem Pengelolaan Obat dan Perbekalan Kesehatan Berbasis Web atau Si Oke,” kata Ade Yasin pada Jumat (8/10/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina menjelaskan, permasalahan yang timbul terkait manajemen gudang farmasi di Dinkes adalah manajemen waktu dan keakuratan data.

Hal ini disebabkan, pengelolaan yang dilakukan masih menggunakan metode sederhana yaitu dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel.

Baca juga: Kalung Emas Kunci Andrea Gunawan Tampil Cantik dan Percaya Diri Setiap Hari

Baca juga: Digitalisasi UMKM di Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail Minta Agar Tidak Salah Arah dan Orientasi

Menyikapi kondisi tersebut, Dinkes meluncurkan inovasi “Si Oke” pada 101 Puskesmas, 1 Klinik Pusyankesja dan 1 Gudang Farmasi Kesehatan Kabupaten Bogor.

"Aplikasi ini bertujuan untuk menghasilkan pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan meliputi perencanaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pencatatan, pemantauan dan evaluasi gudang farmasi kesehatan yang sudah terintegrasi, lebih cepat, tepat guna, efektif dan efisien," ujarnya.

Menurut dia, penerima manfaat dari aplikasi ini tentu saja bukan hanya instansi kesehatan di wilayah Dinkes saja, namun juga masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik.

"Dengan adanya aplikasi 'Si Oke' diharapkan pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan gudang farmasi kesehatan dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien,” tutur Mike. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved