Pemkot Depok dan Belanda Jalin Kerjasama Wujudkan Wisata Sejarah di Kawasan Depok Lama

Beberapa agenda digulirkan sebagai langkah konkrit dan relevan sehubungan dengan pertumbuhan kota dan potensi kolaborasi dalam revitalisasi Depok Lama

TribunnewsDepok.com
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (tiga dari kiri), Ketua DPRD Kota Depok HTM. Yusufsyahputra (dua dari kiri) berfoto bersama Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns (empat dari kanan) di depan Rumah Cimanggis, Kota Depok, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Pemerintah Kota Depok menjalin kerjasama dengan Pemerintah Belanda dalam revitalisasi kawasan Depok Lama.

Kerjasama tersebut ditandai dengan kedatangan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns ke Kota Depok pada Kamis (24/11/2022) yang disambut langsung Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Beberapa agenda digulirkan sebagai langkah konkrit dan relevan sehubungan dengan pertumbuhan kota beserta potensi seperti kolaborasi dalam revitalisasi kawasan Depok Lama.

Serta elaborasi sister city antara Kota Depok dan kota di Belanda, hingga penyelenggaraan Festival Budaya Belanda di Depok yang mengadopsi kegiatan festival Drama Depokkers (A Colonial Tale Unravels) di Belanda.

 

Simak video berikut ini:

 

"Kegiatan ini dimotori oleh peneliti UI seperti Prof Kemas Ridwan, Dr Hery Fuad beserta para fasilitator dari IPB, Trisakti. Serta tim dari Kementrian Pendidikan Budaya dan Sains Kerajaan Belanda," papar Imam Budi kepada TribunnewsDepok.com, Senin (28/11/2022).

Imam Budi yang juga peneliti di Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG UI) ini mengatakan, Dubes Belanda selaku pihak yang mewakili Kerajaan Belanda mengapresiasi inisiatif Pemkot, masyarakat dan kalangan dunia usaha, seperti Kafe Artivator yang ikut andil dalam gagasan dan langkah ini.

"Beliau (Dubes Belanda) berjanji akan terus mendorong terwujudnya kerjasama konstruktif sebagaimana yang diharapkan," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Depok Salurkan Bantuan 100 Paket Sembako ke Dua Desa di Cianjur dari Program DSabR

Hadir pada kesempatan yang sama yakni Ketua DPRD Kota Depok Yusufsyahputra, Kepala Bappeda Dadang Wihana, bersama Tim Sinergitas Pembangunan yakni Askar Triwiyanto dan Sekjen Iluni UI Ahmad Fitrianto beserta Boy Loen dari Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC).

Sementara itu, Boy Loen (72) menyampaikan rasa haru sekaligus optimis atas inisiatif Pemerintah Kota dan ketua DPRD Depok untuk berkolaborasi bersama kalangan kampus dari UI, UIII, IPB, Trisakti, hingga alumni Rotterdam Belanda.

Di mana kolaborasi tersebut juga untuk ambil bagian dalam penelitian dan pengembangan potensi Heritage di Kawasan Depok Lama.

Baca juga: Pemkot Depok Wujudkan Warga Capai Pendidikan Hingga SMA dengan Memberikan Beasiswa

Sebagai Generasi ke 8 Kaoem Depok atau yang familiar dipanggil “Belanda Depok” dari marga Loen, Boy Loen mengatakan, Belanda Depok dalam sejarahnya memiliki tanah luas dan menjadi orang yang berada.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved