Universitas Indonesia

Hadir di Hakteknas Ke-27, Bus Listrik Merah Putih Universitas Indonesia Diapresiasi Nadiem Makarim

Hadir di Puncak Peringatan Hakteknas Ke-27, Bus Listrik Merah Putih Universitas Indonesia Diapresiasi Nadiem Makarim

Editor: Dwi Rizki
Universitas Indonesia
Bus Listrik Merah Putih Universitas Indonesia (UI) dalam Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-27 di Halaman Gedung A Kemendikbudristek pada Rabu (10/8/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Meriahkan puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-27, Universitas Indonesia (UI) menghadirkan Bus Listrik Merah Putih UI di Halaman Gedung A Kemendikbudristek pada Rabu (10/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, UI menghadirkan bus listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi di Indonesia untuk kelas bus besar dengan panjang 12 meter dan bobot 16 ton.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K) memaparkan bus UI mampu menampung berat penumpang sebesar 13 ton dengan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Bus Listrik Merah Putih UI merupakan bus yang bangun platform chassis-nya, sistem penggerak, sistem rem, sistem kendali, inverter, dashboard, serta sistem pendinginnya (air conditioning) dirancang mandiri oleh para ahli UI.

Bus ini dibangun oleh perusahaan dalam negeri, yaitu PT Mobil Anak Bangsa (MAB), PT NSAD, PT Pindad, dan PT AICOOL. Selama hampir 3 tahun, UI bersama keempat perusahaan tersebut berkolaborasi dalam pembuatan bus listrik.

Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai praktisi industri yang mengaplikasikannya.

Langkah ini merupakan bentuk komitmen UI dan para pelaku industri untuk menjadikan lingkungan lebih hijau dan rindang.

"Perguruan tinggi merupakan bagian penting dalam sinergi n-helix. Tri Dharma Perguruan Tinggi mengharuskan kita mengembangkan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Budiman Dalimunthe Ingatkan Suporter Tertib, Kalau Emosian Nonton di Rumah Saja

Baca juga: Budiman Yunus Pelatih Caretaker Persib Bandung Siap Raih Kemenangan Pertama di Kandang

Bus Listrik Merah Putih UI diharapkannya dapat menjadi solusi bagi permasalahan bangsa, bukan hanya di bidang transportasi, melainkan juga di bidang ekonomi.

Selain itu, mengurangi beban pemerintah dalam pemenuhan subsidi BBM.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved