Depok Siapkan Anggaran Rp 8,8 Miliar, Imam Budi Hartono: Silakan Ajukan Proposal ke Wali Kota

Pemerintah Kota Depok serahkan dana hibah kepada lembaga atau kelompok masyarakat dengan total anggaran Rp 8,8 miliar untuk tahun anggaran 2022

TribunnewsDepok.com/Dok. Diskominfo Kota Depok
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat menyerahkan secara simbolis dana hibah kepada pengurus lembaga keagamaan di Ruang Bugenvil, Balai Kota, Pancoran Mas, Kota Depok, Kamis (14/7/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Sebanyak 11 lembaga atau elemen kelompok keagamaan mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Kota Depok.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, kepada para pimpinan Lembaga keagamaan atau kelompok masyarakat di Ruang Bugenvil, Balai Kota, Pancoran Mas, Kota Depok, Kamis (14/7/2022).

Imam Budi Hartono mengatakan, penyerahan secara simbolis ini digelar sebagai bagian dari transparansi penerima bantuan.

“Dengan hibah ini kami sampaikan bahwa tidak ada diskriminasi atau tidak ada anak emas, semua lembaga atau kelompok masyarakat kami berikan baik dia muslim atau non muslim,” kata Imam Kepada TribunnewsDepok.com dalam program Depok Hari Ini di Balai Kota, Pancoran Mas, Kota Depok, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Atasi Beragam Masalah, Legislator DKI Sambut Baik Usulan Mohammad Idris Soal Penggabungan Jabodebek

Bantuan dana hibah ini, lanjut Imam juga diperuntukan bagi siapapun lembaganya tanpa memandang suku, terpenting memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

“Peran pemerintah menjadi penting dalam membantu hal ini, karena sering ditanyakan masyarakat bahwa kepentingan kita hanya sebatas pilkada saja,” tandas jebolan Teknik Petrokimia Universitas Indonesia ini.

“Padahal pemerintah bantunya sudah banyak banget, program-program yang kami jalankan semua untuk kepentingan umat, warga, masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Varian BA.4 dan BA.5 Hantui Depok, Mohammad Idris Minta Warga Perketat Prokes

Untuk tahun 2022, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Depok ini mengatakan Pemkot Depok menyiapkan anggaran sebesar Rp 8,8 miliar lebih untuk dana hibah.

Miliaran rupiah tersebut diperuntukan bagi 75 lembaga yang sudah terdaftar di Pemkot Depok melalui bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Di mana hingga Juli ini, dana hibah untuk lembaga ataupun kelompok masyarakat tersebut telah memasuki tahapan ke empat pada tahun 2022 ini.

Pada tahap keempat ini, total anggaran yang dikeluarkan untuk 11 lembaga atau kelompok masyarakat sebesar Rp 1.196.000.000 atau Rp 1,1 miliar lebih dengan nilai yang diberikan bervariasi kepada masing-masing penerima.

Baca juga: Demi Tercapainya Penyelenggaraan Satu Data, Sekda Kota Depok Harap Perangkat Daerah Dukungan Penuh

Masih terdapat 25 lembaga atau kelompok masyarakat lagi yang masih menunggu giliran, hal itu lantaran masih harus melengkapi berkas atau persyaratan yang telah ditentukan.

“Masyarakat yang sedang membangun masjid, gereja, majlis taklim atau membutuhkan sound system atau apapun selain untuk membeli tanah, boleh membuat proposal dan mengajukan ke Wali Kota,” tutur mantan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ini.

Syaratnya, kata dia, Lembaga atau kelompok masyarakat tersebut telah terdaftar secara hukum atau telah mengantongi ijin dari Kementerian Agama Kota Depok.

Baca juga: Tak Semua Warga Depok Masuk Sekolah Negeri, Pemkot Depok Berikan Kebijakan Bantuan Pendidikan

“Yang penting ada Lembaganya secara hukum apakah itu Yayasan. Ijin dari Kemenag misal masjid berarti masjidnya harus terdaftar di Kementerian Agama dalam hal ini Kemenag Kota Depok,” umbarnya.

Nantinya, anggaran yang diberikan merupakan anggaran di tahun berikutnya atau bukanlah  anggaran tahun berjalan.

“Jadi kalau untuk kebutuhan 2023 maka diajukannya sekarang, untuk 2024 diajukannya 2023. Seperti itu syaratnya untuk mendapatkan hibah dari pemerintah kota,” paparnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved