Metropolitan

Atasi Beragam Masalah, Legislator DKI Sambut Baik Usulan Mohammad Idris Soal Penggabungan Jabodebek

Atasi Beragam Masalah, Legislator DKI Sambut Baik Usulan Mohammad Idris Soal Penggabungan Jabodebek

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Anggota Fraksi PSI DKI Anggara Wicitra 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Legislator DKI Jakarta menyambut baik usulan Wali Kota Depok Mohammad Idris untuk menggabungkan wilayah otonomi Depok, Bogor, Bekasi dengan Jakarta.

Wacana ini bisa jadi solusi atasi permasalahan sistemik seperti kemacetan, banjir, dan pengelolaan sampah.

 

“Saya pikir ini usul yang menarik untuk kita perbincangkan lebih jauh. Selama ini integrasi kebijakan jadi masalah padahal Jabodetabek adalah kesatuan kawasan megapolitan yang permasalahannya saling terkait,” kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo pada Rabu (13/7/2022).

Meski demikian, Anggara menilai usulan tersebut harus dibahas secara komprehensif. Salah satunya melalui diskusi panjang dan menyeluruh yang melibatkan berbagai stakeholder.

 

“Harus diperhatikan juga aspek peraturan perundang-undangannya. Kami mendorong Pemprov Jakarta yang banyak inisiasi perbincangan soal ini, karena kita pusat ekonominya,” ujar Anggara yang juga menjadi Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta ini.

Baca juga: Ini Harga Tiket Persikabo 1973 Vs Persita Tangerang untuk Laga Uji Coba Liga 1 di Stadion Pakansari

Baca juga: Pemain Persija Jakarta Hanno Behrens Bikin Kaget The Jakmania, Sudah Belajar Bahasa Indonesia

Menurutnya, perumusan gagasan tentang Jabodetabek pasca perpindahan Ibu Kota harus dimulai dari para pemerintah daerah. Hal ini tentunya terlepas dari siapa pemegang kewenangannya.

 

“Gagasan harus didiskusikan antar pemda Jabodetabek dari sekarang karena yang paling paham permasalahan ya para Pemda ini walaupun kewenangan perubahannya ada di pusat,” imbuhnya. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved