Demi Tercapainya Penyelenggaraan Satu Data, Sekda Kota Depok Harap Perangkat Daerah Dukungan Penuh

Mudah diakses antar instansi pusat dan daerah, Sekda Kota Depok Supian Suri meminta penyelenggaraan satu data di Kota Depok dipercepa

TribunnewsDepok.com/Mochammad Dipa
Sekda Kota Depok Supian Suri harapkan dukungan penuh perangkat daerah dalam penyelenggaraan Satu Data Kota Depok. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri meminta penyelenggaraan satu data di Kota Depok dipercepat. Pasalnya, terdapat beberapa program maupun tugas yang harus segera diselesaikan.

Guna memercepat program dan tugas-tugas yang dilakukan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri meminta penyelenggaraan satu data Kota Depok dipercepat.

Hal itu dikatakan Supian Suri merujuk pada Peraturan Wali Kota Depok Nomor 72 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Satu Data Kota Depok.

“Satu data menjadi kewajiban untuk bagaimana program-program yang kita jalankan bisa benar-benar tepat sasaran,” ujarnya usai membuka kegiatan Sosialisasi Satu Data di Aula Lantai 5, Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (11/07/22).

 

Simak video berikut ini:

 

Dengan satu data itu nantinya, kata Supian Suri menjadi pegangan dan harus menjadi satu kesepakatan dan kesatuan di semua Perangkat Daerah (PD) dalam menjalankan program Pemerintah Kota (Pemkot Depok).

“Karena pada dasarnya semua PD menjadi wali data dan sebagai sumber data dengan latar belakang fungsinya masing-masing. Kita sedang melangkah dengan satu data dan tidak bisa lepas dari dukungan PD,” tuturnya.

“Tidak bisa hanya satu dan dua unit kerja saja. Semuanya harus support, sehingga cita-cita satu data benar-benar terealisasi,” pungkasnya.

Baca juga: Tips Penyembelihan Hewan Kurban Depok yang Terinfeksi PMK, Supian Suri Sebutkan Fatwa MUI

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto memaparkan, Satu Data Tingkat Daerah nantinya juga bisa diakses dengan mudah oleh instansi pusat dan daerah.

Sebab, salah satu tujuan diselenggarakannya Satu Data Tingkat Daerah, kata Manto adalah mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Teknis manajemen data kepada seluruh PD dengan tujuan mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai walidata.

Baca juga: Tak Semua Warga Depok Masuk Sekolah Negeri, Pemkot Depok Berikan Kebijakan Bantuan Pendidikan

"Dalam menjalankan fungsi wali data tersebut, tentunya diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai manajemen data, baik itu perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan maupun penyebarluasan data,” pungkasnya.

“Kami akan terus membangun koordinasi dengan PD terkait sambil menunggu aplikasi siap digunakan 100 persen,” tandasnya.

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved