Berita Nasional

Antisipasi Lonjakan Harga Gandum Dunia, Pemerintah Diminta Ambil Langkah Strategis

Antisipasi Lonjakan Harga Gandum Imbas Pembatasan Ekspor India, Pemerintah Diminta Ambil Langkah Strategis

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS drh. Slamet 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia diminta mengeluarkan kebijakan baru untuk mengantisipasi dampak melonjaknya harga gandum.

Hal ini buntut dari keputusan Pemerintah India yang resmi mengeluarkan kebijakan pembatasan ekspor gandum akibat adanya fenomena heatwave (gelombang panas) di negara tersebut.

 

Adanya kebijakan tersebut dinilai telah mendorong naiknya harga gandum dunia yang selama beberapa bulan ini terus menunjukkan trend kenaikan apalagi sejak konflik Rusia-Ukriana.

Adanya pembatasan ekspor gandum dari India dan konflik antarnegara, telah mengerek harga gandum global naik sekitar enam persen.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi IV DPR RI, drh. Slamet.

Kata dia, meski Indonesia selama kurun waktu lima tahun terakhir sudah tidak lagi mengimpor gandum dari India, namun adanya kebijakan mereka soal pembatasan ekspor dari negaranya akan membuat harga gandum dunia mengalami kenaikan.

 

“Jadi akan sangat mempengaruhi besarnya nilai impor gandum Indonesia yang merupakan nett importir gandum terbesar di dunia,” kata Slamet pada Kamis (19/5/2022).

 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved