Perpusnas Luncurkan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Wilayah. Apa Saja Fitur dan Kegunaannya?

Kepala Perpusnas Syarif Bando mengatakan, pendataan perpustakaan penting dilakukan untuk mengetahui kondisi semua jenis perpustakaan di Indonesia

Editor: Umar Widodo
Istimewa
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando saat  meluncurkan aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah  secara daring, Selasa (8/2/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah guna mengetahui kondisi perpustakaan yang ada di Indonesia.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, pendataan perpustakaan penting dilakukan untuk mengetahui kondisi semua jenis perpustakaan di Indonesia. 

"Pendataan ini menjadi sangat penting untuk meyakinkan kepada stakeholder kita, bahwa perpustakaan suatu ruang belajar yang sangat penting pada eranya," kata Syarif Bando
saat peluncuran aplikasi tersebut secara daring, Selasa (8/2/2022).

Syarif mengatakan, data perpustakaan dapat digunakan untuk menganalisis berbagai problematika yang ada di Indonesia dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca dan indeks literasi.

Sehingga diharapkan, Perpusnas, perpustakaan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dapat dengan mudah memperoleh data yang valid untuk pengambilan keputusan, bahkan kebijakan dalam hal penganggaran.

Syarif menambahkan, aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

"Semoga kesadaran akan pentingnya data tentang perpustakaan dapat direspons baik oleh pemerintah daerah. Saya yakin aplikasi ini dapat memberikan kemanfaatan untuk percepatan memperoleh data," tuturnya.

Kedepan, Syarif berharap agar aplikasi pendataan dikembangkan sehingga dapat menampilkan data dan profil setiap perpustakaan di wilayah provinsi, kabupaten/kota berdasarkan jenis perpustakaan sesuai dengan urutan kualitasnya. 

Perpustakaan Nasional 2
Peluncuran aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah secara daring, Selasa (8/2/2022) di Perpustakaan Nasional, Jakarta

Selain itu, dia meminta agar aplikasi ini memunculkan data kebijakan nasional untuk semua jenis perpustakaan seperti SDM, koleksi, sarana prasarana, hingga kegiatan promosi perpustakaan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved