Berita UI

Dr. Bondan Kanumoyoso Dekan FIB UI 2021-2025, Simak 5 Program Unggulannya

Dekan FIB UI 2021-2025, Dr. Bondan Kanumoyoso. Ada 5 program unggulannya. Bondan tekankan FIB UI haru jadi fakultas yang punya iklim SMART.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Dr. Bondan Kanumoyoso Dekan FIB UI 2021-2025, Simak 5 Program Unggulannya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Dr. Bondan Kanumoyoso Dekan FIB UI 2021-2025, simak 5 program unggulannya.

Dr. Bondan Kanumoyoso, M. Hum S.Kom., terpilih sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) periode 2021 – 2025.

Baca juga: Teguh Dartanto, Ph.D, Dekan FEB UI 2022-2026, Ini 4 Nilai Pedoman Kepemimpinannya

Pada pemaparannya, Dr. Bondan menekankan bahwa FIB UI harus menjadi suatu fakultas yang mempunyai iklim/suasana yang SMART dalam kesehariannya.

Baca juga: Guru Besar FISIP UI Evi Fitriani: Fleksibilitas Prinsip Bebas Aktif Jadi Kekuatan Indonesia di Dunia

“SMART di sini adalah singkatan dari Simplicity, Mobility, Adaptive Learning, Reputation, dan Technology Based, yang dibuat berlandaskan kepada sembilan nilai UI.

"Saya harap suasana SMART ini dapat mendukung program-program FIB UI ke depan dalam melaksanakan tujuannya sebagai sebuah fakultas yang menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas,” ujarnya.

Visinya adalah “Menjadi Fakultas yang Unggul, Berdaya Saing, dan Bereputasi Internasional Melalui Inovasi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Industri Kreatif, Entrepreneurial, dan Teknologi Digital dengan Tetap Mengedepankan Aspek Kebudayaan dan Kemanusiaan”.

Baca juga: Universitas Indonesia Masuk Top 15 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Berdasarkan visi tersebut, ia mengembangkan lima program kerja.

Pertama adalah pengembangan kurikulum yang adaptif dan inovatif dengan Revolusi Industri 4.0 (adaptive & innovative education).

Baca juga: Serahkan Donasi Beasiswa Rp 50 Miliar ke Universitas Indonesia, Ini Pesan Pendiri Bayan Resources

Dalam program kerja ini, ia akan mengembangkan kerja sama dengan berbagai universitas, dan program studi di dalam maupun luar negeri, untuk pertukaran mahasiswa dan kolaborasi riset.

Ia juga berencana untuk membangun sebuah Pusat Kajian Pancasila untuk membentuk karakter mahasiswa yang berjiwa nasionalis, tapi tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Program kerja kedua adalah melakukan impactful research, dengan cara meningkatkan jumlah penelitian dan sitasi yang terindeks internasional, serta melakukan hilirisasi penelitian-penelitian yang memberikan dampak nyata bagi dunia indusri dan masyarakat.

Ketiga, ia akan melakukan penerapan good governance dalam kepemimpinannya dalam bentuk pengembangan sistem informasi manajemen yang terintegrasi sehingga proses administrasi berjalan efektif-efisien.

Baca juga: UI Depok Terus Berkomitmen Menjadi Kampus Bertaraf Internasional dan Tetap Jalankan Pengabdian

Dalam bidang sumber daya manusia, ia juga akan menambah jumlah program studi yang terakreditasi dan jumlah guru besar dan lektor kepala di FIB UI.

Program kerja keempat adalah tentang mengembangkan kerja sama dengan komunitas industri dan dunia kerja.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved