Breaking News:

Prestasi UI

Universitas Indonesia Masuk Top 15 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

mendapat ganjaran atas performanya selama inidalam kategori yang menjadi penilaian lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia The Times Higher Educa

Istimewa
Universitas Indonesia (UI) Depok 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, MARGONDA - Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam Top 15 Emerging Economies University Rankings di Asia Tenggara dan Top 150 dunia.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR, menyampaikan hal tersebut dalam press rilisnya, Rabu (27/10/2021).

The Times Higher Education (THE) merilis Emerging Economies University Rankings 2022 yang memuat hasil tersebut dan menempatkan UI di peringkat ke-13 dari 73 institusi di wilayah Asia Tenggara, berada di
posisi teratas di Indonesia, dan peringkat ke-140 di Dunia.

Baca juga: UI Temui Menpora Jajaki Kerjasama untuk Tingkatkan Kualitas Fasilitas Olahraga dan Atlet Indonesia

Pemeringkatan ini mencakup 698 perguruan tinggi di 50 wilayah terwakili yang digolongkan sebagai negara berkembang di dunia.

Baca juga: Dian Nurfaida Satu-Satunya Perempuan yang Mengambil Formulir Pendaftaran Calon Ketua Kadin Depok

Pencapaian tersebut menempatkan UI lebih unggul dari Universiti Tenaga Nasional (Malaysia), Chulalongkorn University (Thailand), King Mongkut’s University of
Technology Thonburi (Thailand), Mae Fah Luang University (Thailand), Chiang Mai University (Thailand), dan Vietnam National University, Hanoi (Vietnam).

Pada indikator penilaian Teaching, UI unggul dengan memperoleh skor tertinggi ke-1 dari 73 institusi di wilayah Asia Tenggara.

Begitu pula dengan indikator Industry Income, UI meraih skor tertinggi ke- 5, dan pada indikator International Outlook menempati skor tertinggi ke-10 dari 73 institusi di wilayah Asia Tenggara.

Baca juga: Percepatan Vaksinasi Covid-19, Polsek Cileungsi Vaksinasi 2.550 Orang Dalam Sehari

Di Indonesia, UI menempati posisi pertama jika dibandingkan dari 19 universitas
lainnya di Indonesia dengan nilai tertinggi pada indikator International Outlook (52.4) dan Teaching (38.6).

THE Emerging Economies University Rankings 2022 hanya mencakup institusi di negara-negara yang diklasifikasikan oleh Grup FTSE London Stock Exchange sebagai “advanced emerging” (perkembangan
maju), “secondary emerging” (perkembangan sekunder), dan “frontier” (perbatasan).

Indonesia termasuk dalam kategori “secondary emerging” bersama Chili, Cina, Kolombia, Mesir, India, Kuwait, Pakistan, Filipina, Qatar, Rumania, Federasi Rusia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Percepatan Vaksinasi Covid-19, Polsek Cileungsi Vaksinasi 2.550 Orang Dalam Sehari

Pemeringkatan ini menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE WUR untuk menilaiinstitusi dalam pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Namun, pemeringkatan ini memiliki bobot yang berbeda untuk mencerminkan prioritas pengembangan universitas di negara berkembang.

Perolehan pemeringkatan berdasarkan THE Emerging Economies University Rankings 2022 ini merupakan ganjaran atas hasil kerja keras UI dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas hasil riset, inovasi dan pengabdian masyarakat; memperluas jejaring dan kerjasama dengan berbagai perguruan
tinggi ternama di Asia, Eropa dan Amerika; dan dalam menyelenggarakan program-program yang menarik minat mahasiswa asing untuk belajar di UI.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved