Berita UI

Teguh Dartanto, Ph.D, Dekan FEB UI 2022-2026, Ini 4 Nilai Pedoman Kepemimpinannya

Ini 4 nilai pedoman kepemimpinan Teguh Dartanto, Ph.D, Dekan FEB UI 2022-2026. FEB UI harus menjadi motor penggerak di bidang sosial humaniora.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Teguh Dartanto, Ph.D, Dekan FEB UI 2022-2026, Ini 4 Nilai Pedoman Kepemimpinannya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Teguh Dartanto, Ph.D, Dekan FEB UI 2022-2026, Ini 4 Nilai Pedoman Kepemimpinannya

Teguh Dartanto, Ph.D., terpilih sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) periode 2021-2025.

Baca juga: Fakultas Teknik UI Punya Laboratorium Terintegrasi, Ini Fasilitasnya

Teguh terpilih dari dua calon lainnya, yaitu Dr. Dodik Siswantoro dan Siti Nuryanah, Ph.D., pada proses asesmen pemilihan dekan yang disiarkan langsung di kanal Youtube Teve UI.

Baca juga: UI Kembali Menempati No.1 Indonesia Versi US News & World Report Best Global Universities 2022

Dalam pemaparannya yang berjudul “Membangun FEB UI yang Inklusif, Relevan, dan Bereputasi”, Teguh menekankan bahwa di bawah kepemimpinannya kegiatan kolaborasi dengan berbagai pihak akan menjadi prioritas.

“FEB UI adalah bagian integral dari UI sehingga FEB UI harus dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh elemen yang ada di UI untuk mendukung pencapaian UI sebagai top ranking di Asia Tenggara dan Entrepreneurial University. FEB UI harus menjadi motor penggerak di bidang sosial humaniora agar dapat sejajar dengan bidang ilmu saintek dan ilmu kesehatan dalam bidang riset dan inovasi,” ujarnya mengawali pemaparan.

Ia menyampaikan empat nilai dasar yang akan menjadi pedoman kepemimpinannya.

Pertama, adalah nilai inklusif, yaitu sebuah nilai yang memberikan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk seluruh anak bangsa untuk bekerja dan belajar di FEB UI.

Nilai kedua adalah relevan, yaitu sebuah nilai untuk selalu beradaptasi dan berinovasi menghadapi berbagai perubahan zaman.

Baca juga: Pengukuhan Guru Besar FT UI, Anak Agung Putri Ratna Ingin Kembangkan Computational Thinking Coding

Ketiga, bereputasi, yang memiliki arti bahwa FEB UI berniat untuk memiliki kredibilitas akademik dan non-akademik yang baik, di dalam maupun di luar negeri.

Dengan nilai-nilai dasar ini, Teguh menargetkan di bawah kepemimpinannya, FEB UI dapat memiliki akreditasi yang unggul, dan kenaikan peringkat di pemeringkatan universitas dunia.

Baca juga: Jawab Tuntutan Era Revolus 4.0, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro Sebut Perlu Konsep Kebudayaan yang Tepat

Untuk mencapai target tersebut, Teguh mempunyai enam rencana strategis yang akan ia jalankan.

Pertama adalah integrasi basis data untuk kebutuhan akreditasi pemeringkatan internasional serta membentuk sebuah transformation office untuk menangani perencanaan serta monitoring-evaluasi perangkingan internasional.

Baca juga: Universitas Indonesia Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2021

Kedua, peningkatan kualitas belajar mengajar yang baik untuk mendukung program Kampus Merdeka dengan cara mengoptimalkan Center for Education & Learning for Economics & Business (CELEB).

“Nantinya, CELEB ini akan mencetak selebritis-selebritis dalam bidang pengajaran ekonomi dan bisnis dengan melakukan digitalisasi berbagai konten perkuliahan,” ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved