Berita UI

UI Halal Center di Salemba Sudah Dibuka, Rektor Prof. Ari Kuncoro Sampaikan Ini, Berikut Layanannya

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, meresmikan UI Halal Center. Ini pesan Rektor UI Prod. Ari Kuncoro.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
UI Halal Center di Salemba Sudah Dibuka, Rektor Prof. Ari Kuncoro Sampaikan Ini, Berikut Layanannya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - UI Halal Center di Salemba Sudah Dibuka, Rektor Prof. Ari Kuncoro Sampaikan Ini, Berikut Layanannya

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin,  meresmikan Unit Kerja Khusus (UKK) Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) bernama UI Halal Center, di Kampus Salemba, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: FK UI RSCM Luncurkan Aplikasi LupusKu, Dikembangkan Divisi Alergi Imunologi untuk Pejuang Lupus

Pemukulan gong dilakukan oleh Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin didampingi Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, sebagai simbol diluncurkannya UI Halal Center.

Dalam peresmian UI Halal Center, turut hadir para undangan –luring maupun daring--, di antaranya Menteri BUMN, Erick Thohir, B.A., M.B.A., Ketua Majelis Wali Amanat UI, Saleh Husin, S.E., M.Si., Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, dan Kepala UI Halal Center Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi.

Baca juga: UI Depok Terus Berkomitmen Menjadi Kampus Bertaraf Internasional dan Tetap Jalankan Pengabdian

Kemudian Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Direktur Utama Pegadaian Syariah, serta Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

Selanjutnya adalah Ministry of Industry and Advance Technology, United Arab Emirates, Farah Al Zarooni, Halal Trade and Marketing Center, Dubai United Arab Emirates, Mr. Tomas Guererro, dan jajaran pimpinan UI.

Saat ini, industri halal telah menjadi tren di berbagai negara. Ia tidak hanya dikembangkan di negara dengan mayoritas muslim, namun juga di negara-negara non-mayoritas muslim.

Baca juga: Universitas Indonesia Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2021

Minat masyarakat dunia dalam mengonsumsi produk halal terus meningkat, didasarkan pada keyakinan agama, juga karena produk halal menjadi jaminan kualitas produk dari berbagai macam aspek, baik kesehatan, kemananan, etis, hingga aspek keramahan terhadap alam dan lingkungan.

Industri halal merupakan salah satu sektor perekonomian yang sangat potensial dan mengalami perkembangan global yang sangat pesat.

Baca juga: Karya Inovasi Anak Bangsa dari Universitas Indonesia, DISTP Bantu Hilirisasi Inovasi ke Industri

Industri halal telah berkembang lebih jauh, tidak terbatas hanya pada sektor pangan, namun meluas pada sektor industri kosmetik, agrikultur, farmasi, fashion, hingga industri jasa, seperti pariwisata dan keuangan.

Perkembangan ini dipicu atas perubahan pola pikir konsumen muslim serta tren konsumen etis di seluruh dunia.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D dalam pidato sambutan mengapresiasi tersedianya fasilitas UI Halal Center di UI.

Baca juga: UI Goes Digital Diluncurkan Bertepatan Sumpah Pemuda, Kampus Universitas Indonesia dalam Genggaman

Menurutnya, salah satu tujuan pendirian UI Halal Center adalah untuk menjawab tantangan Industri Halal dan minat masyarakat dunia dalam mengonsumsi produk halal yang terus meningkat.

Ia mengharapkan fasilitas ini dapat dinikmati manfaatnya tidak hanya bagi warga UI, namun juga bagi masyarakat umum.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved