Gempa Bumi di Cianjur

Gempa Bumi di Cianjur, Presiden Akan Berkunjung ke Desa Gasol, Akses Jalan Masih Tertimbun Longsor

Jalan Mangunkerta merupakan salah satu akses jalan yang terdekat menuju ke Desa Gasol, salah satu desa terdampak gempa bumi di Cianjur.

Editor: murtopo
Tribun Jabar
Petugas masih membersihkan jalan dari timbunan longsoran tanah akibat gempa bumi di Cianjur yang berada di Jalan Mangunkerta, Kabupaten Cianjur, Kawa Barat, Kamis (24/11/2022) pagi. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIANJUR -- Petugas masih melakukan pembersihan timbunan longsoran tanah akibat gempa bumi di Cianjur yang berada di Jalan Mangunkerta, Kabupaten Cianjur, Kawa Barat, Kamis (24/11/2022) pagi.

Jalan Mangunkerta merupakan salah satu akses jalan yang terdekat menuju ke Desa Gasol, salah satu desa terdampak gempa bumi di Cianjur dari Jalan Raya Cipanas.

Sejak hari pertama gempa bumi di Cianjur bantuan untuk warga Desa Gasol terhambat lantaran akses jalan terputus akibat longsor.

Rencananya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan berkunjung ke Desa Gasol, sehingga petugas berupaya maksimal untuk membersihkan jalan dari tumpukan longsoran tanah.

Petugas sedang melakukan evakuasi tanah dari jalan dan proses tersebut juga ddipercepat,

Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum juga akan mendampingi kunjungan Presiden Jokowi ke Desa Gasol.

Desa Gasol warga sudah antusias menunggu kedatangan Presiden hadir ke desa mereka.

Sementara itu seperti diketahui proses penyaluran bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur selama ini dilakukan melalui jalur darat dan udara.

Baca juga: Gempa Bumi di Cianjur, 7 Guru dan Kepala Sekolah TK Masih Tertimbun Longsor di Jalan Raya Cipanas

Sementara itu dilansir dari bnpb.go.id, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa terkait adanya keluhan masyarakat tentang bantuan yang belum diterima, dirinya mengungkapkan pendistribusian akan menggandeng perangkat desa setempat untuk memastikan kebutuhan terpenuhi. 

"Pendistribusian logistik, setiap pagi jam 8 para Camat mengajukan kebutuhan dan akan disiapkan armada untuk melakukan pengiriman ke kantor Camat jam 9 setiap pagi, nanti kepala desa, babinsa dan babinkatibmas mendistribusilan ke titik-titik pengungsian," ujarnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk menyalurkan bantuannya melalui posko di Kantor Bupati Cianjur. 

Baca juga: Gempa Bumi di Cianjur, Tiga Ibu Melahirkan di Tenda Pengungsian Kampung Cariu Desa Mangunkerta

"Masyarakat dan lembaga lain yang ingin membantu masyarakat terdampak, satu pintu melalui posko, semua bantuan akan didistribusikan ke yang berhak," kata Suharyanto. 

"Jangan distribusikan sendiri karena cuaca tidak baik, jalanan kecil, menyebabkan jalanan terhambat, ada laporan pasukan evakuasi terhambat karena itu. Kemudian banyak warga luar datang untuk menonton korban bencana, akan ditertibkan oleh TNI/Polri," lanjutnya. 

Penanganan benca gempa Cianjur, selain mendapat dukungan logistik juga mendapatkan dukungan personil dari berbagai pihak. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved