Fraksi PKS Depok Farida Rachmayanti Berharap Transformasi Digital Tingkatkan Pelayanan Publik

Anggota DPRD Depok Fraksi PKS Farida Rachmayanti berharap para agen tranformasi digital pada setiap perangkat daerah dapat mewujudkan smart governance

TribunnewsDepok.com/dok. Pribadi
anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS T. Farida Rachmayanti 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Keberadaan agen transformasi digital yang dikelola Diskominfo Kota Depok memberikan gambaran  berjalannya proses penyelenggaraan Kota Cerdas.

Di mana semua potensi sumber daya dapat dikelola secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan tantangan dan memenuhi berbagai kebutuhan melalui manajemen inovasi yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Depok Fraksi PKS Farida Rachmayanti.

Menurut dewan dengan daerah pemilihan (Dapil) Beji, Cinere, Limo (BCL) ini berjalannya penyenggaraan Kota Cerdas sangat ditopang oleh tata kelola pemerintahan cerdas (smart governance).

Baca juga: Soal Resesi, Fraksi PKS Depok Minta Pemerintah Cari Solusi Bukan Menambah Beban Rakyat

"Tujuannya tidak lain kecuali untuk mewujudkan peningkatan kinerja pelayanan publik, kinerja birokrasi pemerintah, dan kinerja efisiensi kebijakan publik," papar Farida kepada TribunnewsDepok.com, Sabtu (1/10/2022).

Dalam Perda Kota Depok No.2 Tahun 2019 tentang Penyenggaraan Kota Cerdas, lanjut Farida disebutkan penerapan smart governance.

Diantaranya, melaksanakan perbaikan secara kontinyu atas kinerja pelayanan publik melalui rekayasa ulang proses bisnis yang efektif, efisien, dan komunikatif.

Baca juga: VIDEO : Fraksi PKS DPRD Depok Terima Pengunjuk Rasa Menolak Kenaikan Harga BBM

“Kita berharap para agen tranformasi digital pada setiap perangkat daerah dapat mewujudkannya," papar Farida yang juga anggota Komisi A DPRD Depok.

Anggota Komisi A DPRD Kota Depok ini juga mengatakan, bahwa idealnya ke depan tidak perlu lagi terjadi antrean di Puskesmas dan RSUD akibat telah dibuatkannya sistem antrean.

Serta berjalannya proses advokasi terhadap pemenuhan hak-hak anak secara reguler karena data terkoneksi langsung dari RW Ramah Anak ke berbagai perangkat daerah.

Baca juga: Bantu Pengemudi Ojol, Fraksi PKS DPRD Kota Depok Siapkan Program Sedekah Bensin dan Ambulans

Demikian halnya dengan masalah jaminan sosial baik kesehatan maupun ketenagakerjaan, para peserta dimudahkan dalam mekanisme akses dan pemanfaatannya.

Workshop yang digelar Diskominfo Depok beberapa waktu lalu yang bertujuan meningkatkan kompetensi agen transformasi digital dalam merencanakan dan merancang inovasi baru, diakui Farida sudah.

Harapannya bisa memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masing-masing perangkat daerah.

Baca juga: Fraksi PKS DPRD Kota Depok Diskusi Dengan Remaja Tentang Fenomena Citayam Fashion Week

"Smart governance itu intinya ada perbaikan dari waktu ke waktu. Selalu muncul inovasi yang semakin memudahkan dan mengefektifkan,” pungkasnya.

“Ini kan kuncinya pelayanan. Semakin pelayanan prima maka kesejahteraanpun semakin meningkat," tandasnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved