Kesehatan

Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Prof Zubairi Imbau Masyarakat Tak Panik

Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Prof Zubairi Imbau Masyarakat Tak Panik

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM, FINASIM saat ditemui di RS Kramat 128, Jalan Kramat Raya No.128, RT.1/RW.8, Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (25/8/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Kasus cacar monyet atau monkeypox ditemukan di Jakarta. Meski begitu, masyarakat diminta tidak panik dengan temuan kasus tersebut.

 

"Tidak perlu panik, tidak perlu resah dan gelisah, karena kenyataannya kami melihat sebagian besar yang terkena itu laki-laki pada usia tertentu, lalu wanita sangat sedikit, anak-anak juga sangat sedikit, begitu pun tenaga kesehatan (nakes)," jelas Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM, FINASIM, Kamis (25/8/2022).

 

"Jadi, resiko untuk masyarakat umum itu kecil, namun resiko untuk masyarakat yang memiliki resiko tinggi seperti untuk teman-teman lelaki seks lelaki (LSL) tentu itu harus lebih berhati-hati. Saya belum mengetahui apakah pemerintah akan ada rencana vaksinasi atau tidak," tambah dia.

 

Meskipun begitu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tetap patuh dan tak abai soal kebersihan.

"Harus menjaga kebersihan, mencuci tangan sering kali itu penting, keluar rumah pakai masker tetap diutamakan, selain mencegah batuk pilek influenza dan Covid-19, juga membantu mencegah penularan cacar monyet. Jadi, itu multiguna kebiasaan pas saat Covid-19 itu sangat penting diterapkan sekarang untuk mencegah cacar monyet," jelas dia.

 

Tak hanya itu, Zubairi juga meminta kepada petugas-petugas laboratorium agar lebih waspada.

 

"Tolong teman-teman laboratorium yang memeriksa orang dari darah ataupun dari sampel lain dari orang dengan tersangka cacar monyet hati-hati. Jadi, harus memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, memakai masker, topi, kemudian sarung tangan. Selain itu, imbauan untuk keluarga yang menangani cacar monyet juga," ungkap dia.

 

Ia menjelaskan, adapun gejala cacar monyet dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved