Berita UI

FT Univesitas Indonesia Luncurkan Pusat Studi dan Riset Cyber Security Tangkal Ancaman Dunia Siber

Tangkal ancaman dunia siber, FT Univesitas Indonesia Luncurkan Pusat Studi dan Riset Cyber Security. Butuh kolaborasi ahadi ancaman siber.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
FT Univesitas Indonesia Luncurkan Pusat Studi dan Riset Cyber Security Tangkal Ancaman Dunia Siber 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - FT Univesitas Indonesia Luncurkan Pusat Studi dan Riset Cyber Security Tangkal ancaman dunia siber.

Digitalisasi merambah ke berbagai sektor. Termasuk sektor pertahanan dan keamanan sebuah negara. Sebab itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat menangkal ancana dunia siber di Indonesia.

Terkait hal tersebut Universitas Indonesia menggelar Seminar Investment and Security Human Resources Development.

Baca juga: Pengelolaan Dana Abadi Universitas Indonesia UI untuk Menjadi World Class University

Seminar itu juga merupakan rangkaian acara Dies Natalis FTUI ke-58, dan merupakan bagian dari kegiatan kerja sama JICA-FTUI.

 “Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) siap berkontribusi menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di bidang keamanan siber dan riset yang produktif, serta berdampak untuk memberikan solusi terhadap permasalahan keamanan siber di negeri ini.  FTUI juga bersiap sebagai hub untuk ASEAN cybersecurity capacity building,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng. IPU, Kamis (21/7/2022).

Menurut Prof Heri, meningkatnya ancaman dunia siber terhadap keamanan dan pertahanan nasional, tidak dapat dihadapi sendirian.

“Diperlukan kerja sama dan interaksi multidisiplin karena keamanan siber tidak hanya terkait dari sisi teknologi saja, akan tetapi terkait juga dengan aspek lainnya, seperti sisi hukum, sosial, humaniora, kesehatan, ekonomi, politik, dan sebagainya, termasuk adanya kerja sama triple helix antara perguruan tinggi." ujar Prof Heri.

"Pemerintah dan industri menjadi sangat penting untuk memperkuat kapasitas keamanan siber nasional ke depannya. Semoga FTUI bisa ikut serta berkontribusi lebih banyak lagi untuk makin unggul berdampak bagi kemajuan cybersecurity di Indonesia.”

Seminar yang diselenggarakan oleh unit usaha FTUI, Center for Computing and Information Technology (CCIT-FTUI) ini bertempat di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Pada acara puncak Dies Natalis FTUI tanggal 18 Juli 2022, FTUI telah meluncurkan idCARE (Indonesia Cyber Awareness and Resilience Center) yaitu pusat studi dan riset di bidang Cyber Security (http://idcare.ui.ac.id). idCARE juga menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan sertifikasi di bidang cybersecurity.

Baca juga: Pakar Sosiologi Universitas Indonesia UI Meuthia Ganie Rochman Keras Bicara Korupsi Raih Penghargaan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved