Berita UI

Pengelolaan Dana Abadi Universitas Indonesia UI untuk Menjadi World Class University

Universitas Indonesia UI bertekad menjadi World Class University. Sebab itu, pengelolaan dana abadi dapat mewujudkannya.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Pengelolaan Dana Abadi Universitas Indonesia UI untuk Menjadi World Class University 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Pengelolaan Dana Abadi Universitas Indonesia UI untuk menjadi World Class University.

Universitas Indonesia memiliki tujuan yang mulia. UI ingin meningkatkan kualitas menjadi perguruan tinggi kelas dunia atau World Class University.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan pengelolaan dana abadi. Untuk itu, perguruan tinggi termasuk UI dapat belajar cara mengelola keuangan secara mandiri seperti pada salah satu universitas kelas dunia, yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Baca juga: Universitas Indonesia Terima 5.299 Mahasiswa Baru di Simak UI 2022, Kedokteran dan Hukum Terfavorit

Tujuan UI tersebut tercetus dalam pembahasan persiapan sosialisasi peluncuran dana abadi untuk 16 PTN-BH.

Pembahasan tersebut dilakukan selama dua hari di Kampus UI Depok, Rabu (20/7/2022).

Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro menjelaskan, terdapat perubahan dalam dinamika institusi pendidikan. Perubahan tersebut terkait dengan pengelolaan dana abadi.

Meski memiliki visi dan misi yang berbeda, pada prinsipnya semua perguruan tinggi negeri bertujuan sama, yaitu menjadi world class university.

“Untuk mencapai tujuan itu, seluruh pihak, baik pimpinan, dosen, pegawai, mahasiswa, maupun sivitas universitas, harus memiliki engagement di internal dan eksternal (alumni, industri, dan pemerintah). Pembangunan engagement inilah yang akan mengantarkan institusi menjadi world class university,” kata Prof Ari.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik UI, Vita Silvira, S.E., Ak.

Vita Silvira menambahkan bahwa dengan hadirnya peluncuran dana abadi, pendanaan universitas di PTN-BH tidak lagi bertumpu pada pemerintah dan uang kuliah tunggal (UKT).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved