Berita UI

Pakar Sosiologi Universitas Indonesia UI Meuthia Ganie Rochman Keras Bicara Korupsi Raih Penghargaan

Meuthia Ganie-Rochman Pakar Sosiologi Universitas Indonesia UI yang keras bicara korupsi raih Penghargaan Cendekiawan Berdedikasi Kompas 2022.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Pakar Sosiologi Universitas Indonesia UI Meuthia Ganie-Rochman Keras Bicara Korupsi Raih Penghargaan. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Pakar Sosiologi Universitas Indonesia UI Meuthia Ganie-Rochman keras Bicara Korupsi Raih Penghargaan.

Selama tiga dekade pakar sosiologi organisasi dan sosiologi pembangunan Universitas Indonesia Dr. Meuthia Ganie- Rochman bicara lantang soal pemberantasan korupsi di Indonesia.

Selain bicara lantang, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) itu menyadarkan para pemegang kebijakan di pemerintahan dan masyarakat tentang prilaku korupsi melalui tulisan.

Baca juga: Simak Universitas Indonesia UI Diumumkan Kamis 14 Juli 2022 Sore, Ini Link dan Biaya Pendidikan

Ratusan jurnal tentang pemberantasan korupsi dibuatnya. Salah satunya adalah berjudul Corruption in Indonesia’s emerging democracy.

Kiprahnya tersebut menjadikan dosen FISIP UI itu mendapatkan penghargaan Cendekiawan Berdedikasi Kompas 2022.

Siapakah sosok Meuthia Ganie- Rochman?

Dilansir dari ui.ac.id, Meuthia merupakan pakar sosiologi organisasi dan sosiologi pembangunan yang memiliki ketertarikan pada isu korupsi.

Ia pernah menjadi salah seorang panitia seleksi calon Pimpinan Pemberantasan Korupsi (KPK) selama dua periode, yaitu pada periode  2015-2019 dan periode 2019-2023.

Selain itu, Meuthia juga aktif sebagai Ketua Dewan Pembina YAPPIKA (organisasi nirlaba) yang telah berkiprah selama 30 tahun di Indonesia untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia.

YAPPIKA merupakan anggota Federasi ActionAid International. Federasi organisasi nirlaba ini beranggotakan organisasi nirlaba di 45 negara.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved