Berita Nasional

Raih Penghargaan Halal Travel Personality of The Year, Sandiaga Uno : Insya Allah Memulihkan Ekonomi

Raih Penghargaan Halal Travel Personality of The Year, Sandiaga Uno : Insya Allah Memulihkan Ekonomi

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meraih penghargaan Halal Travel Personality of The Year dari Crescentrating & Halaltrip Tahun 2022 dalam Halal in Travel Global Summit 2022 di Singapura pada Rabu (1/6/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meraih penghargaan Halal Travel Personality of The Year dari Crescentrating & Halaltrip Tahun 2022.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung Founder & CEO Crescentrating & Halaltrip, Fazal Bahardeen dalam Halal in Travel Global Summit 2022 di Singapura pada Rabu (1/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

Dirinya pun berharap penghargaan tersebut mampu memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta membuka lapangan kerja.

Baca juga: Temui Menkes Singapura, Sandiaga Uno: Covid-19 Terkendali-Pembukaan Pariwisata Ciptakan Ekonomi Baru

Baca juga: Berjas, Bos Google Terima Sandiaga Uno : Komitmen Ciptakan Lapangan Kerja

"Kami berharap penghargaan ini akan membawa kepulihan, membuka lapangan kerja dan Insya Allah memulihkan ekonomi lewat halal tourism ," ungkap Sandiaga Uno.

Optimisme tersebut disampaikan Sandiaga Uno merujuk besarnya potensi dalam pasar halal.

Data menunjukkan bahwa pada 2019, umat Islam di seluruh dunia menghabiskan total US$ 2,02 triliun pada makanan, kosmetik farmasi, fashion travel dan rekreasi.

Pasar muslim global pun diperkirakan akan tumbuh hingga US$ 2,4 triliun pada tahun 2024. Beberapa pengeluaran terbesar bagi konsumen muslim adalah makanan dan minuman halal.

"Menurut saya kita harus menciptakan peluang-peluang usaha berbasis halal tourism. Ada beberapa destinasi (wisata) yang kita unggulkan seperti Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Lombok dan Kalimantan Selatan sebagai destinasi unggulan," ungkap Sandiaga Uno.

"Kita ingin menciptakan banyak lapangan kerja dengan beberapa kegiatan yang mudah-mudahan mampu membangkitkan ekonomi," tambahnya.

Oleh karena itu, Kemenparekraf telah menyusun kebijakan terkait pariwisata halal.

Wisata halal bukan berarti islamisasi wisata atraksi, melainkan memberikan layanan tambahan yang terkait dengan fasilitas, turis, atraksi, dan aksesibilitas untuk memenuhi pengalaman dan kebutuhan para wisatawan muslim.

Layanan tambahan tersebut di antaranya, jasa akomodasi dan transportasi, penyediaan makanan halal, wisata halal paket, dan keuangan halal.

"Mari kita semua berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi bersama untuk memulihkan kehalalan industri pariwisata, memastikan perluasan peluang usaha, penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved