Berita Universitas Indonesia

Perpustakaan Terbesar di Asia Tenggara Ternyata ada di Universitas Indonesia

Perpustakaan Universitas Indonesia yang berlokasi di Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: murtopo

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Perpustakaan Universitas Indonesia yang berlokasi di Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI ternyata merupakan perpustakaan terbesar di Asia Tenggara.

Perpustakaan Universitas Indonesia memiliki koleksi 3.626.797 judul dan 3.761.309 eksemplar.

Menurut Kepala UPT Perpustakaan UI, Mariyah untuk koleksi Perpustakaan UI terbagi menjadi 6 % koleksi cetak (213.063) dan 94 persen koleksi elektronik 3.413.734.

"Secara keseluruhan, koleksi Perpustakaan UI berjumlah 3.626.797 judul dan 3.761.309 eksemplar," ucap Mariyah

Tahun 2022, online database yang dilanggan Perpustakaan UI sebanyak 27 online database yang dibagi menjadi 4 klaster yaitu Online Database Bidang Multidisiplin, Kesehatan, Sains Teknologi, dan Sosial Humaniora.

Semua koleksi yang dimiliki Perpustakaan UI didapatkan melalui proses pengadaan menggunakan anggaran Universitas Indonesia.

Baca juga: Menjelang Usianya ke 40 Tahun, Ini 7 Hal yang Akan di Tingkatkan oleh Perpustakaan UI

Pustakawan mengumpulkan usulan pengadaan buku melalui broadcast e-mail UI, surat ke Prodi, Google Form (s.id/usulanbuku), usulan melalui e-mail, serta usulan pustakawan berdasarkan silabus, resensi buku, dan katalog penerbit. 

Setelah itu, pustakawan akan melakukan proses seleksi usulan pengadaan buku, dan mengirimkan berkas usulan tersebut ke Direktorat Logistik UI untuk dilakukan proses pengadaan.

Baca juga: Memasuki Usia ke 40, Perpustakaan Terbesar di Asia Tenggara akan Bertransformasi ke Digital

Filosofi

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved