Wawancara Eksklusif

Menjelang Usianya ke 40 Tahun, Ini 7 Hal yang Akan di Tingkatkan oleh Perpustakaan UI

Kepala UPT perpustakaan UI, Mariyah merencanakan beberapa program dalam meningkatkan fungsi Perpustakaan UI yang akan memasuki usia ke-40.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: murtopo
Wartakotalive.com/Cahya Nugraha
Perpustakaan Universitas Indonesia yang berlokasi di Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Perpustakaan UI telah berusia 39 tahun.

Satu tahun lagi memasuki usia ke 40 tahun.

Sehingga akan ada beberapa peningkatan yang akan dilakukan oleh perpustakaan Crystal of Knowledge, julukan dari perpustakaan UI.

Perpustakaan yang berlokasi di Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat ini  memegang peranan strategis dalam mendukung tercapainya visi dan misi Universitas Indonesia.

Berkaitan dengan itu, perpustakaan UI berupaya melakukan transformasi dalam pengelolaan perpustakaan, baik dari sisi management of collection, management of knowledge dan transfer of knowledge.

Baca juga: Memasuki Usia ke 40, Perpustakaan Terbesar di Asia Tenggara akan Bertransformasi ke Digital

Meningkatkan fungsi Perpustakaan UI yang akan memasuki usia ke-40, Kepala UPT perpustakaan UI, Mariyah merencanakan beberapa program, yaitu:

1. Integrasi repositori insitusi UI di portal repositori nasional Kemendikbudristek dan Perpustakaan Nasional RI untuk meningkatkan ranking webometric.


2. Pengembangan sistem otomasi LONTAR dan Sistem Unggah Tugas Akhir.


3. Memanfaatkan Artificial intelligence (AI) untuk kontak Perpustakaan UI sehingga pemustaka dapat terlayani 24 jam/7 hari.

Baca juga: Jadi Perpustakaan Terbesar di Asia Tenggara, Koleksi Perpustakaan UI Capai 3,6 Juta Judul

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved