Traffic Update

Harap Diperhatikan, Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan DKI Jakarta Dimulai 6 Juni 2022, Berikut Lokasinya

Harap Diperhatikan, Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan DKI Jakarta Dimulai 6 Juni 2022, Berikut Lokasinya

Editor: Dwi Rizki
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
ilustrasi ganjil genap 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan memperluas kebijakan ganjil genap (gage) pelat mobil pribadi menjadi 25 ruas jalan, mulai Senin (6/6/2022) mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, reaktivasi kebijakan pembatasan lalu lintas melalui sistem gage di 25 ruas jalan akan segera dilakukan.

Hal itu diputuskan setelah pihaknya bersama Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan kajian terkait peningkatan volume kendaraan. 

“Mulai 6 Juni untuk pemberlakuan gage itu mulai berlaku di 25 ruas jalan sebagaimana diatur dalam Pergub Nomor 88 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap,” kata Syafrin pada Kamis (26/5/2022).

Syafrin mengatakan, kebijakan itu kembali diterapkan karena berkaca pada situasi arus lalu lintas saat ini.

Setelah libur lebaran, kata dia, terjadi peningkatan volume kendaraan lalu lintas yang hampir merata di ruas jalan Ibu Kota.

Berdasarkan analisis petugas, kepadataan volume kendaraan rupanya terjadi di beberapa ruas jalan yang sebelumnya pernah diterapkan gage.

Pada saat kebijakan gage di 25 ruas jalan diterapkan, arus lalu lintas di beberapa lokasi sentra bisnis Jakarta cenderung melandai, misalnya di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD) dan kawasan Sudirman-Thamrin.

Baca juga: Sopir Taksi Ceritakan Detik-detik Tabrakan Beruntun di Pancoran, Ada Pemotor yang Tergencet

Baca juga: Libur Hari Raya Kenaikan Isa Almasih, Ganjil Genap di Puncak Berlaku Hingga Hari Minggu

Namun ketika kebijakan gage hanya diberlakukan di 13 ruas jalan saja, kawasan itu kembali macet.

Dengan diterapkannya kebijakan gage di 25 ruas jalan, diharapkan kinerja lalu lintas pada ruas jalan sibuk tersebut akan kembali turun.

 

“Maka itu hasil rapat disepakati untuk gage akan direaktivasi kembali sesuai Pergub Nomor 88 tahun 2019. Artinya yang saat ini melalui pengaturan pada 13 ruas jalan, ini akan direaktivasi pada 25 ruas jalan,” ujar Syafrin.

 

Menurut dia, kebijakan ini akan diberlakukan setelah pemerintah daerah mensosialisasikan kebijakan ini kepada masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved