Kesehatan

Hepatitis Akut Menghantui, Plt Bupati Bekasi Minta Seluruh Pihak Jaga Prokes Selama PTM 100 Persen

Hepatitis Akut Misterius Menghantui, Plt Bupati Bekasi Minta Orangtua Disiplinkan Anak Terkait Prokes Selama PTM 100 Persen

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Suasana PTM 100 Persen di SDN Depok 1 pada Jumat (28/1/2022).  

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki mengimbau orangtua murid mewaspadai bahaya penyakit Hepatitis Akut yang kini menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun.

 

Hal itu disampaikannya usai menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 di SMPN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jumat (13/5/2022).

 

"Untuk Hepatitis Akut ini, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi untuk menjaga pola hidup sehat. Tetap kami antisipasi jangan sampai Covid hilang, Hepatitisnya malah datang," ujar Marjuki.

Terlebih lagi, pemerintah daerah kini telah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di tingkat pembelajaran anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Ia kembali mengingatkan pentingnya kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, tak hanya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, namun juga Hepatitis Akut yang masih terus dianalisa oleh pemerintah pusat.

 

"Makanya saya mengimbau tetap prokes dan jaga pola hidup bersih, terutama bagi anak-anak," katanya.

Baca juga: Hasil Uji Laboraturium Negatif Daging Tikus, Kapolres Karawang Minta Warga Jangan Asal Bikin Viral

Baca juga: Gercep Langsung Ambil Sampel & Uji Lab, Isu Bakso Tikus di Karawang Dipastikan Kapolres Hoaks

Selain itu, pihaknya juga telah menerbitkan surat edaran kepada tempat layanan fasilitas kesehatan tingkat Puskesmas dan Rumah Sakit. 

 

"Kami menunggu arahan dari Menkes, tetap kami sosialisasikan baik dari puskesmas atau rumah sakit. Sudah kami persiapkan. Mana kala ada hal yang dicurigai Hepatitis akut, segera laporan," ungkap Marjuki.

 

Sejauh ini, Marjuki menegaskan belum ada kasus Hepatitis Akut yang ditemukan di wilayahnya.

 

Diketahui bahwa gejala hepatitis akut diawali dengan tanda-tanda mual, muntah, diare berat, dan demam ringan. 

 

Diikuti gejala berkelanjutan yakni air seni berwarna pekat seperti teh, BAB berwarna putih pucat, warna mata dan kulit kuning, gangguan pembekuan darah, kejang, dan menurunnya kesadaran. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved