Berita UI

Raih Gelar Insinyur dengan Mudah dan Cepat Hanya Satu Semester Bersama FTUI, Ini Persyaratannya

Dapatkan gelar insinyur dengan mudah dan cepat hanya semester bersama FTUI, Ini persyaratannya. Nama programnya adalah Program Profesi Insinyur (PPI)

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Raih Gelar Insinyur dengan Mudah dan Cepat Hanya Satu Semester Bersama FTUI, Ini Persyaratannya. 

TRIBUNNEWSDEPOK. PANCORAN MAS - Raih gelar insinyur dengan mudah dan cepat hanya satu semester bersama FTUI, Ini persyaratannya.

Universitas Indonesia (UI) sebagai Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI) berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

PPI merupakan perwujudan mandat pemerintah kepada perguruan tinggi untuk membantu mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi.

Baca juga: Luhut Pandjaitan Beri Kuliah Umum di UI Jelaskan Peran Indonesia di Forum G20 untuk Pulihkan Ekonomi

Menurut data Persatuan Insiyur Indonesia (PII), saat ini jumlah Insinyur di Indonesia mencapai 1 juta orang. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 10.000 saja yang termasuk Insinyur profesional  atau memiliki sertifikat kompetensi.

Sedangkan, dalam menghadapi era industrialisasi global dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pemerintahan saat ini terus menggenjot pembangunan infrastruktur sehingga kebutuhan akan tenaga Insinyur profesional menjadi semakin mendesak.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, menyampaikan bahwa untuk mendukung pelaksanaan UU No. 11 Tahun 2014 tersebut, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membuka Program Profesi Insinyur (PPI) jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Program PPI RPL ini kedepannya akan melengkapi kelas PPI Reguler yang telah terlebih dahulu dibuka pada tahun 2018.

Kelas PPI RPL ini dapat mempersingkat dan mempermudah memperoleh gelar Insinyur bagi lulusan yang memiliki pengalaman di atas lima tahun.

"Tidak perlu lagi mengikuti program regular yang satu tahun, tapi cukup satu semester dengan basis portfolio pengalamannya," kata Prof. Heri Hermansyah.

Baca juga: UI Tak Tergoyahkan No 1 di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings, Kedokteran Gigi ke-3 ASEAN

Kepala Program Graduate Interdisciplinary FTUI yang menaungi PPI FTUI, Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA, menyatakan bahwa UU No 11 tahun 2014 ke depannya mewajibkan semua Sarjana Teknik yang bekerja di bidang keinsinyuran untuk memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved