Prestasi UI

UI Tak Tergoyahkan No 1 di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings, Kedokteran Gigi ke-3 ASEAN

Kedokteran Gigi ke-3 ASEAN, UI tak tergoyahkan no 1 di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings 2022.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
TribunnewsDepok.com/Muhamad Fajar Ryandanu
UI Tak Tergoyahkan No 1 di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings, Kedokteran Gigi ke-3 ASEAN. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - UI tak tergoyahkan no 1 di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings, Kedokteran Gigi ke-3 ASEAN

Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam University Rankings 2022 versi SCImago Institutions Rankings. 

Di Asia Tenggara, UI menempati peringkat ke-13, ke-146 di Asia, sedangkan di tingkat dunia posisi UI berada di ranking 534.

Baca juga: Luhut Pandjaitan Bicara Penanganan Pandemi dan Pembentukan Karakter di UI, Ini Kunci Kepemimpinan

Pencapaian membanggakan tersebut berasal dari pengukuran tiga indikator, yaitu kinerja riset/Research (50 persen), luaran inovasi/Innovation (30 persen), dan dampak sosial/Societal impact (20 persen) yang kesemuanya diukur melalui visibilitas web serta pengolahan data Scopus.

Untuk kategori riset, beberapa penilaiannya mencakup jumlah jurnal, kolaborasi internasional, keterbukaan akses, High Quality Publications (Q1), dan jumlah publikasi berkualitas yang banyak mendapatkan sitasi publik.

Untuk kategori inovasi, penilaiannya antara lain meliputi jumlah publikasi yang disitasi dalam paten dan jumlah aplikasi paten yang dihasilkan sedangkan untuk kategori dampak sosial penilaiannya diantaranya melalui jumlah ‘mention’ publikasi di berbagai platform media sosial serta jumlah kunjungan ke website institusi.

Baca juga: FKG UI Punya 3.504 Lulusan, drg. Ardelia Nada Raih IPK Tertinggi 3.92, Ini kata Prof Ari Kuncoro

Pada tahun 2022, UI unggul dalam penilaian riset dan dampak sosial, di mana grafik riset UI selama kurun waktu 2019-2022 mengalami kenaikan dalam hal jumlah publikasi dan jurnal yang terdata dalam pangkalan data Scopus.

Seluruh pencapaian ini merupakan hasil kerja keras sivitas akademika UI dalam menghasilkan riset-riset berkualitas dan memperoleh rekognisi internasional.

Selain menjadi universitas terbaik di Indonesia secara keseluruhan (overall rank), UI juga meraih peringkat pertama dalam tujuh Subject Area yaitu Arts and Humanities; Business, Management and Accounting; Dentistry; Energy; Medicine; Pharmacology, Toxicology and Pharmaceutics; dan Social Sciences.

Subjek dentistry UI menempati peringkat ke-3 di Asia Tenggara, ke-18 di Asia, dan posisi ke-87 dari 605 universitas yang mengikuti pemeringkatan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved