Cimanggis Depok

Kabar Kecamatan Cimanggis Depok, Jembatan Penghubung Kelapa Dua dan Srengseng Sawah Kropos

Kondisi jembatan yang terbuat dari bambu serta seng dan kayu sebagai alasnya terlihat sudah keropos dan lapuk.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: murtopo

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Mochammad Dipa

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, SRENGSENG SAWAH - Jembatan gantung ‘Indiana Jones’ di Srengseng Sawah RT 11 RW 02 butuh dilakukan perbaikan.

Pantauan TribunnewsDepok.com langsung dilokasi, Sabtu (26/3/2022), memang kondisi jembatan yang terbuat dari bambu serta seng dan kayu sebagai alasnya terlihat sudah keropos dan lapuk.

Hal ini tentu sangat membahayakan warga yang melintas di jembatan yang menghubungkan wilayah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dan Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kondisi tersebut diperparah dengan tali baja yang mengikat jembatan ini bergantung pada pohon kapuk yang semakin lama semakin miring karena menopang beban.

Terlihat juga jaring-jaring yang terpasang di tiap sisi jembatan untuk melindungi pengguna yang melintas dengan kondisi banyak yang terputus.

Pengguna harus berhati-hati saat melewati jembatan ini karena, ketika dilewati, jembatan ini menimbulkan guncangan yang cukup membuat jantung berdebar.

Terlebih dibawah jembatan ini terdapat sungai ciliwung yang lebar dengan arus air yang deras.

Baca juga: Kabar Kecamatan Tapos Depok, RSUD Anugerah Sehat Afiat di Tapos Jadi Tempat Isoter Mulai 1 April

Salah satu warga RT 11 RW 02, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, yakni Wati menyebutkan jembatan tersebut masih sering digunakan anak-anak yang tinggal di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, namun bersekolah di SDN 15 Srengseng Sawah yang lokasinya tak jauh dari jembatan tersebut.

“Yang pakai jembatan rata-rata anak sekolah yang tinggal diseberang jembatan,” ungkap Wati.

Terkait kondisi jembatan gantung yang sudah reyot dan membahayakan keselamatan warga yang melintas, Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana membongkar jembatan tersebut.

Baca juga: Kabar Kecamatan Sawangan Depok, Camat Anwar Nasihin Ajak Warga Sukseskan Program P2WKSS di Cinangka

Namun menurut Wati, jika jembatan tersebut dibongkar, anak-anak sekolah yang biasa mengakses jembatan tersebut harus memutar arah untuk melewati jembatan Tonjong sehingga jarak tempuh

“Saya sendiri takut lewat jembatan itu, pernah lewat dua kali, tapi karena saya takut banget yaudah nggak mau lewat lagi,” ungkapnya.

Menurut Wati, jembatan ini sudah ada sejak dia kecil. Hanya saja, ia tidak mengetahui kapan persisnya jembatan tersebut dibangun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved