IPB University

Kampus IPB Taman Kencana Jadi Saksi 9 Inovator Raih Royalti Atas Inovasi yang Dirasakan Masyarakat

Sebanyak 9 inovator raih royalti atas inovasi yang dirasakan masyarakat. Royalti tersebut diberikan di Kampus IPB Taman Kencana.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Biro Komunikasi IPB
Kampus IPB Taman Kencana Jadi Saksi 9 Inovator Raih Royalti Atas Inovasi yang Dirasakan Masyarakat. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Kampus IPB Taman Kencana jadi saksi 9 inovator raih royalti atas inovasi yang dirasakan masyarakat

Sembilan inovator IPB University menerima royalti dari komersialisasi inovasi yang berhasil mereka kembangkan.

Penyerahan royalti ini dikoordinasikan oleh Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University di Kampus IPB Taman Kencana, Kota Bogor (9/3/2022).

“Ini adalah apresiasi untuk para inovator dari IPB University atas pemanfaatan inovasi secara komersial oleh mitra industri. Apresiasi ini juga sebagai penyemangat agar bisa terus menciptakan inovasi  yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis/Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi.

Baca juga: Pertama Kali IPB University Wisuda 40 Kades yang Ikut Sekolah Pemerintah Desa, Ini Pesan Ade Yasin

Prof Erika juga menyampaikan selamat kepada para inovator yang telah berhasil mengkomersialisasikan hasil inovasinya hingga menghasilkan royalti inovasi.

Hal ini merupakan kebanggaan IPB University sekaligus menjadi bukti nyata bahwa hasil penelitian tidak hanya publikasi artikel ilmiah, tetapi juga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat secara sosial dan ekonomi.

“Adapun ketentuan royalti yang berlaku disesuaikan dengan Peraturan Rektor IPB Nomor 16 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Kekayaan Intelektual di Lingkungan IPB. Proporsi pembagian royalti adalah 60 persen untuk pihak yang menghasilkan (inovator) dan 40 persen untuk biaya pemeliharaan Kekayaan Intelektual (KI),” imbuhnya.

Prof Erika menekankan kembali bahwa royalti ini merupakan bentuk penghargaan atas inovasi yang dihasilkan oleh para inovator.

"LKST akan selalu siap untuk mendukung dan memfasilitasi para inovator untuk melindungi invensi dan mengembangkan invensi menuju komersialisasi inovasi. Tujuannya agar dapat berdayaguna dan bermanfaat bagi masyarakat secara sosial ekonomi dan ekonomi,” tandasnya.

Baca juga: Rektor IPB Arif Satria Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum ICMI Pusat Periode 2021-2026

Penyerahan royalti ini disaksikan oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr Berry Juliandi, Dekan Fakultas Ekologi Manusia, Prof Ujang Sumarwan, dan Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura, Prof Edi Santosa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved