PODCAST UI

Podcast UI: Masuk Usia 72 Tahun UI Usung Paradigma Entrepreneur University, Fokus 5 Kajian Bidang

Entrepreneur University merupakan perubahan paradigma UI dari yang sebelumnya menerapkan model Teaching University dan Research University.

Penulis: Alex Suban | Editor: murtopo
Tribunnewsdepok/Muhamad Fajar Riyandanu
Nurtami, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, saat ditemui di Integrated Laboratory Research Center UI saat berbincang bersama TribunnewsDepok.com, pada Jumat (25/2/2022), siang. 

Laporan TribunnewsDepok, Muhamad Fajar Riyandanu

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK – Pada 2 Februari 2022 lalu, Universitas Indonesia (UI) merayakan hari jadinya yang ke 72 tahun.

Nurtami, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, berharap kampus ‘kuning’ ini semakin matang dan memantapkan jati dirinya sebagai universitas yang semakin mandiri agar bisa bersinergi dengan pemerintah untuk membangun bangsa.

Nurtami menjelaskan, ke depan, UI memiliki misi menjadi Entrepreneur University yang dimana kegiatan riset dan inovasi yang dilakukan bisa memberikan dampak sosial dan ekonomi ke masyarakat.

“Jadi bukan hanya dampak akademik saja, jadi bisa sampai ke industri dan pasar,” kata Nurtami saat ditemui di Integrated Laboratory Research Center UI pada Jumat (25/2/2022), siang. 

Baca juga: Pakar Hukum UI dan Serikat Pekerja Nilai Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 Tak Miliki Ketetapan Hukum

Nurtami menjelaskan, Entrepreneur University merupakan perubahan paradigma UI dari yang sebelumnya menerapkan model Teaching University dan Research University.

Dengan adanya kenaikan tingkat paradigma itu, UI kini memfokuskan lima kajian bidang yang selaras dengan rencana induk nasional. 

“Untuk riset kami memfokuskan pada lima bidang. Pertama, Kesehatan dan kesejahteraan, kemudian Bumi dan Lingkungan, Energi dan Sumber Daya Material, Ketahanan dan Keamanan, serta Masyarakat Inovatif,” sambung Nurtami.  

Baca juga: Dies Natalies ke-72 UI, Penghargaan untuk Mahasiswa, Dosen, dan Peneliti Wujudkan Kemandirian Bangsa

Guna merealisasikan tujuan tersebut, UI mendirikan Integrated Laboratory Research Center. Di gedung itu terdapat Laboratorium Bioanalisis UI-DF yang merupakan Laboratorium Analisis Pertama di Indonesia.

Hasil kerja sama UI dengan Daewoong Foundation ini akan mengkhususkan analisa pada produk-produk biologi, biofarmasi, serta recombinan protein terapetik.

“Ini adalah salah satu tempat fasilitas riset untuk peneliti melakukan uji dasar dan laboratorium yang sifatnya untuk melakukan tes uji. Kalau uji itu artinya kami sudah bisa melakukan pelayanan ke masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya. 

Baca juga: Yeti Wulandari Setujui Permohonan Dinkes Depok Untuk Jadikan Wisma Makara UI Lokasi Isoter

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi ini melanjutkan, laboratorium tersebut akan menjadi cikal bakal Science Techno Park yang juga akan didirikan oleh UI.

Nantinya, Science Techno Park akan menjadi sebuah pusat sains dan teknologi yang bisa mengembangkan arah riset yang tadinya hanya riset dasar menjadi hasil riset yang bisa digunakan. 

Pada kesempatan tersebut, Nurtami menyebut arah riset yang dilakukan oleh UI akan mengacu pada riset kolaborasi dari para peneliti, dosen, mahasiswa, investor, dan pemerintah untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

Baca juga: Universitas Indonesia Komitmen dalam Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme

“Kolaborasi riset itu harus dilakukan secara multidisiplin. Yang betul-betul nyata ada produknya,” sebutnya. 

Nurtami mencontohkan, produk kolaborasi dengan sejumlah pihak telah menghasilkan beberapa produk seperti ventilator yang kini sudah dipasarkan secara umum.  

“Ventilator pada saat pandemi Covid-19 itu begitu dibutuhkan dalam penanganan pasien, maka dari Fakultas Teknik dan fakultas Kedokteran dan dari beberapa fakultas lain dalam rumpun kedokteran dan sains teknologi itu melahirkan prosuk inovasi yang sudah ada e-catalognya,” pungkas Nurtami. (m29)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved