Berita UI

FMIPA UI Buka Program Magang Indonesia AI Talent untuk Pemenuhan Kuota 9 Juta Talenta Digital

Untuk pemenuhan kuota 9 juta talenta digital, FMIPA UI buka program Magang Indonesia AI Talent. Ini kata Dekan FMIPA UI Dede Djuhana, Ph.D.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
FMIPA UI Buka Program Magang Indonesia AI Talent untuk Pemenuhan Kuota 9 Juta Talenta Digital. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - FMIPA UI buka program Magang Indonesia AI Talent untuk pemenuhan kuota 9 juta talenta digital.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) melalui Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) melaksanakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program tersebut adalah Studi Independen Bersertifikasi Kampus Merdeka, angkatan kedua, bagi mahasiswa di seluruh Indonesia.

Baca juga: Waspada Kondisi Iklim dan Cuaca di Indonesia Kerap Berubah, Ini Kata Wakil Direktur SIL UI

Sejumlah 123 mahasiswa yang berasal dari beragam latar belakang program studi mengikuti program yang resmi dibuka oleh Dekan FMIPA UI Dede Djuhana, Ph.D., secara daring pada Selasa kemarin.

AiCI merupakan sebuah lembaga yang didirikan atas kerja sama FMIPA UI dengan venture builder UMG Idea Lab Indonesia.

 AiCI bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang Artificial Intelligence dalam rangka membangun kapabilitas bangsa menyambut revolusi industri 4.0.

Baca juga: FEB UI Gelar Seminar Atasi Kemiskinan dan Ketimpangan Sosial, Ini Kata Prof. Bambang Brodjonegoro

Dalam hal ini, AiCI mengambil bagian pada bidang onboarding Internship Program for Indonesian Artificial Intelligence (AI) Talents.

Dede Djuhana menyampaikan bahwa di era revolusi indutri 4.0, bukan hanya industri yang membutuhkan sumber daya manusia unggul di bidang Artificial Intelligence atapun Data Science, tapi juga lembaga penelitian dan lembaga negara.

Menurutnya, beberapa negara telah mempersiapkan berbagai strategi agar memiliki talenta digital yang kompetitif.

“Sekarang ini, perkembangan revolusi industri 4.0 sangat masif. Berbagai kegiatan baik penelitian maupun industri sangat membutuhkan Data Science dan AI, sehingga kalau kita melihat ini, tentunya Indonesia memerlukan beberapa strategi dalam rangka menciptakan SDM yang berkualitas dibidang-bidang tersebut,” kata Dede.

Dede menambahkan bahwa FMIPA UI turut mengambil peran penting dalam mendorong perkembangan Data Science dan AI, dengan menjalin kolaborasi bersama lembaga terkait, dan menjadikan kedua bidang yang kian populer itu sebagai fokus utama pembahasan dalam grup riset di lingkungan FMIPA UI.

“Oleh karena itu, FMIPA UI berkolaborasi dengan PT Artifisial Intelegensia Indonesia (AII) untuk menyiapkan talenta-talenta AI dari level Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi agar memiliki bekal dan kompetensi dasar dalam mempelajari berbagai aplikasi AI ke depannya," kata Dede.

"Di sisi lain, FMIPA UI juga memberikan ruang untuk bidang Data Science dan AI berkembang. Di lingkungan UI salah satu fokus grup riset kami, adalah terkait dengan Big Data, Data Science, AI, dari tim AiCI dan Departemen Matematika,” tambahnya.

Baca juga: Doktor Fasilkom UI Teliti Kompetensi Tim Scrum dalam Global Software Development

Studi Independen Bersertifikat merupakan bagian dari program unggulan MBKM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek) RI bekerja sama dengan mitra-mitra profesional.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved