Prestasi UI

UI Catat Sejarah di Tahun 2022 Jadi Perguruan Tinggi Teratas di Indonesia dan 9 di Asia Tenggara

Di awal tahun 2022 UI catat sejarah jadi perguruan tinggi teratas di Indonesia dan 9 di Asia Tenggara.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - UI catat sejarah di awal tahun 2022 jadi perguruan tinggi teratas di Indonesia dan 9 di Asia Tenggara.

Di awal tahun 2022, Universitas Indonesia (UI) membukukan prestasi sebagai perguruan tinggi teratas di Indonesia ditinjau dari indikator akses publikasi ilmiah.

Baca juga: Dosen UI Ungkap Nasib Perawat, Sosoknya Dibutuhkan Namun Belum Digaji Layak Saat Ini

UI menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari 2022.

Webometrics juga merilis bahwa UI berada di peringkat ke-9 untuk skala Asia Tenggara dan 728 di dunia.

Peringkat UI tersebut naik satu peringkat dari Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2021, saat itu UI berada di posisi teratas di Indonesia, di peringkat ke-9 untuk Asia Tenggara, dan ke-729 di dunia.

Baca juga: Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut UI untuk Pasien Lansia dengan Keterbatasan Fisik Maupun Psikis

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., mengatakan,pencapaian tersebut diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator.

Ketiga indikator itu adalah visibility atau web contents impact (dengan bobot 50 %) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Kemudian transparency atau openness (dengan bobot 10 %) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles.

Lalau, excellence atau scholar (dengan bobot 40 %) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah diantara 10 % teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia.

Baca juga: LD FEB UI Ungkap Penelitian Cara Pandang Pemuda Terhadap Usaha di Bidang Pertanian

Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

Indikator-indikator tersebut memperhitungkan komitmen mengajar, hasil penelitian, the perceived international prestige, hubungan dengan komunitas termasuk sektor industri dan ekonomi dari universitas.

“Semoga kabar baik yang mengawali catatan prestasi UI pada tahun 2022 ini, di mana Webometrics menempatkan UI sebagai peringkat pertama, akan diikuti prestasi lainnya dari lembaga perankingan global. Target UI bukan hanya di level Indonesia, namun ke tingkat Asia Tenggara, bahkan Asia,” kata Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya.

Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info.

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved