Prestasi UI

Mahasiswa FEB UI Juara Nasional di Berbagai Kompetisi di Indonesia

Tim TAM terdiri dari 3 mahasiswa program sarjana Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, FEB UI juara nasional di berbagai kompetisi di Indonesia.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Mahasiswa FEB UI Juara Nasional di Berbagai Kompetisi di Indonesia. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Mahasiswa FEB UI juara nasional di berbagai kompetisi di Indonesia.

Tim TAM yang terdiri dari tiga orang mahasiswa program sarjana Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI), Angkatan 2019, berhasil meraih prestasi dalam tiga ajang kompetisi yang berbeda pada November 2021.

Baca juga: Dampak Limbah Baterai Berbahaya Bagi Kesehatan, FTUI Lakukan Penyuluhan di Sukmajaya Depok

Mereka meraih juara nasional dalam kompetisi business plan Ecopreneur, juara nasional pada kompetisi marketing plan IMOTION, dan sebagai juara kedua pada ajang kompetisi ide bisnis The 16th Management e[X]pose.

Salah seorang anggota Tim TAM, Diandra Alya Putri, menuturkan bahwa kunci kemenangan timnya dalam melaksanakan ketiga kompetisi tersebut adalah riset.

“Dengan riset yang mendalam, business plan yang kami hasilkan menjadi komperhensif serta mencakup semua lini operasional, termasuk marketing, dan finansial. Lewat riset yang mendalam pula tim kami dapat mendalami bagaimana membentuk sebuah strategi pemasaran produk agar dikenal masyarakat,” ujarnya.

Menurut Diandra, kerjasama antar anggota juga menjadi faktor kemenangan lain dari tim yang juga terdiri dari Keisha Karinna Avioza, dan Nabila Cahyarani Kusworo ini.

Riset business plan yang mendalam ini tecermin pada presentasi Tim TAM pada ajang Ecopreneur.

Baca juga: Ide E-Library Bikin Mahasiswa UI Menangkan Ruangguru Business Innovation Challange 2022

Dalam ajang ini, tim TAM mempresentasikan strategi pemasaran dalam segi finansial dan non-finansial untuk perusahaan J-Express.

Dalam menyusun strategi pemasaran, tim TAM melakukan analisis terhadap fenomena rendahnya porsi pengiriman Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap tingkat loyalitas konsumen di J-Express.

Analisis strategi pemasaran ini mereka lakukan dengan mengolah berbagai data dari jurnal, buku, ataupun sumber ilmiah lainnya yang mendukung solusi/strategi yang tim ajukan dalam business plan.

Baca juga: UI Berikan Solusi Pertanian Organik di Perkotaan, Gunakan Sistem Media Tanam Terrakopi

Kedalaman analisis dalam menghasilkan strategi pemasaran yang baik ini juga terbukti membawa kemenangan pada dua ajang lainnya, yaitu IMOTION dan Management e[X]pose.

Dalam ajang terakhir, tim diminta untuk membuat suatu ide bisnis terkait pengelolaan limbah tekstil di Indonesia.

Tidak hanya itu, tim juga diminta oleh penyelenggara untuk memberikan inovasi tentang bisnis yang berkelanjutan dan menghasilkan shared value.

Nilai ini tidak hanya harus punya dasar keuntungan ekonomi yang kuat, tapi juga harus mempunyai dampak yang tinggi bagi sosial dan lingkungan global.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved