Prestasi UI

Ide E-Library Bikin Mahasiswa UI Menangkan Ruangguru Business Innovation Challange 2022

Mahasiswa UI menangkan Ruangguru Business Innovation Challange 2022 setelah memaparkan ide tentang E-Library. Mereka dari FEB UI.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Ide E-Library Bikin Mahasiswa UI Menangkan Ruangguru Business Innovation Challange 2022 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Ide E-Library bikin mahasiswa UI menangkan Ruangguru Business Innovation Challange 2022.

Kondisi pandemi sangat berdampak pada industri perbukuan, sama seperti beberapa bidang lainnya. Padahal, kebutuhan materi pendidikan untuk belajar secara mandiri semakin esensial di situasi sekarang ini.

Baca juga: UI Berikan Solusi Pertanian Organik di Perkotaan, Gunakan Sistem Media Tanam Terrakopi

Itu sebabnya, solusi yang diusulkan oleh TeamEd yang terdiri dari mahasiswa S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) berkolaborasi dengan mahasiswa S-1 Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Hal ini ditujukan untuk membantu ekosistem industri perbukuan di Indonesia, agar kondusif bagi pembelajar maupun penyedia materi pembelajaran.

Baca juga: 24 Mahasiswa UI Dapat Beasiswa OK Bank Indonesia, Terima Rp 10 Juta Per Orang

TeamEd dari FEB UI yang terdiri dari Enike Maria Vianey dan Sheila Firda Annisarahma, serta Novan Yonatan Seilatu dari UNJ, meraih juara 2 dalam kompetisi Ruangguru Business Innovation Challenge 2021.

Mereka menang berkat ide bisnis aplikasi e-Library yang memfasilitasi penerbit untuk dapat memasarkan buku dan membantu menyelesaikan persoalan pembajakan buku di Indonesia. 

Kompetisi ini diikuti lebih dari 500 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri.

Aplikasi ini juga menjadi wadah bagi para content creator education dalam melakukan publikasi mengenai materi pembelajaran kuliah serta mendapatkan penghasilan melalui publikasi dari konten pembelajaran tersebut.

“Selama kompetisi, analisis yang paling mendukung berupa pembelajaran untuk mengembangkan atau mengasah potensi yang dimiliki. Dari sinilah, kami belajar bahwa kerja sama tim yang solid serta daya juang tinggi menjadi sumber energi untuk memberikan usaha yang terbaik,” kata Enike.

Baca juga: Mahasiswa UI Juara di EBEC FESTIVAL 2021 Lantaran Gagas Inovasi Pengurangan Limbah Plastik Kemasan

Sementara itu, Sheila mengatakan bahwa kompetisi ini memberikan pengetahuan tentang lansekap kondisi industri perbukuan di Indonesia.

Saat ini, kondisi pandemi sangat berdampak pada industri perbukuan. Padahal, kebutuhan materi pendidikan untuk belajar secara mandiri semakin esensial di situasi sekarang ini.

Itu sebabnya, solusi yang diusulkan oleh TeamEd ditujukan untuk membantu ekosistem industri perbukuan di Indonesia agar kondusif bagi pembelajar maupun penyedia materi pembelajaran.

"Tentunya sangat senang mengikuti kompetisi ini, kami diberi kesempatan belajar yang melimpah. Ditambah pula bimbingan mentor dari penyelenggara yang sangat kompeten di bidang pendidikan. Kami berharap inovasi solusi yang diberikan dapat bermanfaat untuk membangun bangsa.” ujarnya.

Baca juga: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Serukan Pentingnya Menjaga Hidrasi Selama Masa Pandemi

Senada dengan Sheila, Novan mengatakan, sebenarnya ia tidak menduga bisa melangkah sejauh ini, melihat lawan cukup tangguh dan ide-ide bisnis nya juga tidak kalah menarik.

"Semoga kemenangan ini, bisa menjadi pemicu semangat kami untuk terus berkarya dan membuat sebuah inovasi demi memajukan bangsa dan negara. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak fakultas dan universitas yang menjadi wadah bagi kami untuk terus berkarya," tuturnya.

Baca juga: Universitas Indonesia Keempat Kalinya Raih Gold Medal iGEM 2021 di Perancis

Ruangguru Business Innovation Challenge 2021 (RUBIC) merupakan kompetisi untuk mahasiswa dalam menciptakan inovasi di bidang education technology, mengasah kewirausahaan, kreativitas, dan perspektif sosial bagi yang ingin berkontribusi memajukan pendidikan berkualitas.

Syarat berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah mahasiswa semester lima dari berbagai universitas yang ada di dalam maupun di luar negeri dengan persyaratan IPK 3,30 dan membentuk tim yang terdiri dari tiga orang. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved