Berita UI

FIA UI Kumpulkan Orangtua Mahasiswa, Ini Kata Dekan Prof. Dr. Chandra Wijaya

FIA UI inisiasi strategi 5G, ajak orangtua dorong prestasi akademik dan nonakademik mahasiswa. Ini penjelasan Dekan Prof. Dr. Chandra Wijaya

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
FIA UI Kumpulkan Orangtua Mahasiswa, Ini Kata Dekan Prof. Dr. Chandra Wijaya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - FIA UI kumpulkan orangtua mahasiswa, ini kata Dekan Prof. Dr. Chandra Wijaya.

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) mengadakan pertemuan dengan para orangtua mahasiswa dari Angkatan 2021, dalam sebuah acara seremoni virtual yang menandai masuknya mereka sebagai anggota keluarga besar fakultas tersebut, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: UI Depok Terus Berkomitmen Menjadi Kampus Bertaraf Internasional dan Tetap Jalankan Pengabdian

Dalam acara itu dilaksanakan beberapa agenda, antara lain sosialisasi mengenai sistem akademik, penyampaian informasi tentang aktivitas perkuliahan, serta ajakan agar orang tua mahasiswa bergabung dalam Ikatan Orang Tua Mahasiswa FIA UI (IOM FIA UI).

Baca juga: Universitas Indonesia Raih 2 Penghargaan Sistem Pembelajaran Daring di SPADA Award 2021

Pada saat menyampaikan pidato sambutan, Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., mengatakan, tidak mudah untuk bisa menjadi Sivitas Akademika UI.

"Dengan dukungan dari orangtua semogg kelak putra/putri Bapak dan Ibu dapat lulus tepat waktu dengan prestasi yang optimal, baik pada tataran akademis maupun non akademis." kata Prof. Chandra.

Selanjutnya, Oman Sukmana, S.T., M.M., pengurus IOM FIA UI, memberikan sambutan dan menjelaskan bahwa IOM FIA UI merupakan salah satu komponen penting dalam kesuksesan fakultas tersebut, yang bertujuan mendorong keterlibatan peran orang tua/wali untuk berkolaborasi, bersinergi dengan pimpinan FIA, dan alumni.

"Bersama menjembatani dalam membimbing mahasiswa kami agar dapat berprestasi, baik akademik dan non-akademik, dan membawa nama FIA ke kancah global," ujar Oman.

Baca juga: Universitas Indonesia Keempat Kalinya Raih Gold Medal iGEM 2021 di Perancis

Tujuan tersebut dapat diwujudkan melalui strategi yang bernama 5G, yaitu Gema, Gesit, Genius, Garcep, dan Gaspol.

“Gema menfokuskan pada kegiatan memperkenalkan FIA, Genius yang berarti gerakan FIA unggul dan sukses melalui dukungan kegiatan pengembangan untuk mahasiswa. Gesit adalah Gerakan Sinergi orang tua bersama FIA, LK, dan alumni, Gercep yaitu gerakan bantu atasi pandemi, dan Gaspol adalah gerakan memaksimalkan seluruh potensi,” ujar Oman.

Pada acara yang sama, para mahasiswa berprestasi (mapres) dan alumni menyampaikan bahwa kulah di FIA UI merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan diri, dari segi akademis dan non-kademis, karena didukung kurikulum pendidikan yang sesuai dengan zaman, dosen yang berkualitas, dan fasilitas yang memadai.

Peran orangtua di rumah (ayah-ibu), dan “orangtua” di kampus (dosen) sangat dibutuhkan dalam mendampingi proses belajar para mahasiswa tersebut.

Baca juga: UI Depok Terus Berkomitmen Menjadi Kampus Bertaraf Internasional dan Tetap Jalankan Pengabdian

Acara pertemuan orang tua mahasiswa dan FIA UI dibuka dengan mini seremonial yang menampilkan data prestasi mahasiswa Angkatan 2021 dengan iringan lagu ciptaan UKF FIA UI.

Selanjutnya, pengenalan sistem akademik oleh dekan FIA UI, lalu sharing kehidupan perkuliahan --baik akademik, maupun non-akademik oleh Mapres dan Alumni FIA UI--, kemudian ditutup dengan sesi tanya-jawab. 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved