Beji Depok

Ini Jalur Alternatif untuk Menghindari Ganjil Genap di Jalan Margonda Raya

Satlantas Polres Metro Depok mulai akhir pekan ini yaitu 4 dan 5 Desember 2021 akan memulai uji coba ganjil genap (Gage) di kawasan Jalan Margonda

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: murtopo
Tribunnewsdepok.com/Vini Rizki Amelia
Kemacetan arus lalu lintas kerap terjadi di Jalan Margonda yang merupakan salah satu jalan protokol di Kota Depok. 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Vini Rizki Amelia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Para pengendara yang ingin menuju maupun keluar dari Kota Depok akhir pekan ini, harus bersiap-siap mencari jalir alternatif.

Pasalnya, Satlantas Polres Metro Depok mulai akhir pekan ini yaitu 4 dan 5 Desember 2021 akan memulai uji coba ganjil genap (Gage) di kawasan Jalan Margonda Raya, Kota Depok.

Sesuai nomor polisi, kendaraan yang menjadi sasaran Gage adalah roda empat pribadi yang sesuai dengan tanggal genap atau ganjil saat melintas.

Nantinya, Jalan Margonda Raya yang diterapkan Gage ini dimulai dari simpang Ramanda menuju Jakarta hingga ke flyover Universitas Indonesia, begitu juga dengan jalur sebaliknya.

Baca juga: Soal Ganjil Genap di Margonda Depok Mohammad Idris Sebut Kewenangan Polda Metro Jaya

Bagi pengendara dari arah Depok menuju Jakarta, sedianya bisa melewati Jalan Raya Bogor dari arah Simpang Depok ataupun dari Jalan Siliwangi melewati Jalan Tole Iskandar lalu belok ke kiri setelah supermarket Tiptop menuju Jalan Kemakmuran.

Lalu lurus terus menuju Jalan Sentosa hingga keluar di Jalan Juanda Raya, kemudian memutar balik mengarah ke Jalan Raya Bogor.

Anda juga bisa menuju Jakarta dari arah Balai Kota Depok menuju Jakarta lalu belok kiri di lampu merah Ramanda menuju Jalan Arif Rahman Hakim, kemudian lampu merah belok kanan menuju Jalan Nusantara Raya ke arah Rumah Sakit Grha Permata Ibu (GPI), lurus terus hingga nantinya tembus ke Jalan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Baca juga: Ganjil Genap di Jalan Margonda Raya Masih Terus Digodok, Pelaku Usaha dan Warga Ikut Dilibatkan

Sebelumnya, Satlantas Polres Metro Depok bersiap melakukan uji coba ganjil genap saat akhir pekan pada Sabtu dan Minggu yang dimulai pada 4 Desember 2021.

Kepastian ini dikatakan Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra di Mapolrestro Depok, Rabu (24/11/2021). Di mana nantinya, lokasi yang akan diterapkan ganjil genap ada di sepanjang Jalan Margonda Raya.

"Uji coba ganjil genap di Jalan Margonda akan dilakukan pada akhir pekan ini dan akan dilaksanakan dua pekan setiap Sabtu dan Ahad. Sebelumnya, kita sudah melakukan sosialisasi," tutur Jhoni di Mapolrestro Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Ganjil Genap di Jalan Margonda Raya Belum Berlaku pada Akhir Pekan Ini, Catat Tanggal Pelaksanaannya

Pemberlakukan ganji genap ini dikatakan Jhoni lantaran Jalan Margonda Raya hampir selalu mengalami kepadatan atau kemacetan lantaran jumlah kendaraan yang melintas cukup tinggi, utamanya saat akhir pekan.

"Saat ini jumlah kapasitas kendaraan sudah melewati batas, terutama pada Sabtu dan Ahad yang kerap timbul kemacetan. Jadi, langkah ganjil genap perlu diterapkan," katanya. 

Kendaraan roda empat dikatakan Jhoni menjadi sasaran kebijakan tersebut, sementara roda dua masih tetap bisa melintas lantaran tak dikenakan ganji genap.

Baca juga: Telan Dana APBD Rp 2,5 Miliar, Pemkot Depok Tata Trotoar di Sepanjang Jalan Margonda

"Pemberlakuan ganjil genap khusus mobil dari jam 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Kami uji coba di akhir pekan. Kemudian kami juga membebaskan untuk kendaraan darurat, ambulan, dan kendaraan umum. Roda dua atau motor masih bisa melintas," paparnya.

Sejauh ini, sosialisasi masih terus dilakukan untuk melihat kondisi di lapangan seperti apa, sehingga nantinya akan dilakukan analisa dan evaluasi apakah kebijakan tersebut dapat mengurai kemacetan atau tidak di Jalan Margonda Raya.

"Kebijakan ini juga mengacu kepada Inmendagri nomor 47 tahu 2021 terkait dengan pemberlakuan PPKM, pencegahan penyebaran Covid-19. Diharapkan tidak terjadi lagi kemacetan parah di Jalan Margonda di setiap Sabtu dan Ahad," ujarnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved