Breaking News:

Mahasiswa UI

Mobil Terbang Skylark Buatan Mahasiswa FT UI Kalahkan Negara Lain Jadi Finalis Teknofest 2021 Turki

Mahasiswa FT UI buat mobil terbang skylark, kalahkan negara lain jadi finalis Teknofest 2021 Turki. Mereka juga menjadi tamu undangan.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Mobil Terbang Skylark Buatan Mahasiswa FT UI Kalahkan Negara Lain Jadi Finalis Teknofest 2021 Turki 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Mobil terbang Skylark buatan mahasiswa FT UI kalahkan negara lain jadi finalis Teknofest 2021 Turki

Enam mahasiswa Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali meraih prestasi di ajang kompetisi internasional.

Baca juga: UI Jadi Universitas Nomor Satu di Indonesia dan Peringkat 11 di Asia Tenggara

Ke-enam mahasiswa yang tergabung dalam tim UI Flying Car, mewakili Indonesia dan berhasil menjadi finalis dari 206 tim yang berasal dari berbagai negara yang berpartisipasi di Flying Car Design Competition, Teknofest 2021.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Industri dan Teknologi Turki, Turkish Technology Team (T3) Foundation, dan berkolaborasi dengan beberapa perusahaan mitra.

Baca juga: Hasil Penelitian UI, Ampas Kopi Dapat Dijadikan Baterai Kendaraan Listrik, Begini Cara Buatnya

UI Flying Car merupakan tim yang dibentuk dari riset terkait Urban Air Mobility (UAM) atau mobil terbang (flying car) pada tahun 2020 sebagai wujud kolaborasi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan riset UAM.

Di bawah bimbingan dosen Departemen Teknik Mesin FTUI, Dr.-Ing. Mohammad Adhitya, S.T., M.Sc., tim UI Flying Car terdiri dari Muhamad Ilham Santoso (Ketua Tim), Mochamad Rifqi N.A., Yogasatya Adikhansa, Tristan Adhika, Khalfan Nadhief, dan Farhan Almasyhur.

Mobil terbang (flying car) merupakan riset lanjutan dari Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dimana perbedaannya terletak pada beban dan tujuan penerbangan.

Dalam kompetisi ini, tim mengembangkan konsep riset dengan judul Fully Autonomous Tandem Quad Tilt-Wing Flying Car with Thermal Imaging Camera, 5G C-V2X Communication, and Advanced Cybersecurity System.

"Konsep mobil terbang ini dilengkapi dengan fitur handal untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengguna dalam perjalanan dari satu titik ke titik lain,” ujar Rifqi, Ketua AUAV UI divisi Racing Plane 2019-2020.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved