Berita Kabupaten Bogor

Ingin Wisata Air dengan Suasana Alam yang Asri, Situ Lebak Wangi di Parung Bisa Jadi Pilihan

Ingin Wisata Air dengan Suasana Alam yang Asri, Situ Lebak Wangi di Parung Bisa Jadi Pilihan Anda Menghabiskan Akhir Pekan Ini. Simak Selengkapnya

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Suasana Situ Lebak Wangi di Desa Wisata Pamegarsari, Parung, Kabupaten Bogor pada Kamis (7/10/2021) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, KABUPATEN BOGOR - Bagi anda yang ingin berlibur dan menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga, Situ Lebak Wangi bisa menjadi pilihan.

Situ yang berlokasi di Desa Pemagarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu menyajikan beragam wahana air menarik bagi keluarga, khususnya anak-anak.

Dikutip dari Kompas.com, Desa Wisata Situ Lebak Wangi yang diresmikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Kamis (7/10/2021) itu diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi baru bagi masyarakat sekitar.

Situ Lebak Wangi ini sendiri memiliki wisata air dan wahana permainan, serta keindahan panorama air.

"Wisata Situ Lebak ini akan dikelola secara bersama oleh semua pihak, termasuk oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga bisa memberi manfaat besar bagi warga Bogor," kata Erick saat peresmian yang didampingi Bupati Bogor dan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi serta Anggota Komisi VII DPR RI Adian Napitupulu.

Baca juga: Ganjil Genap Puncak, Hanya Kendaraan Berpelat Nomor Ganjil yang Bisa Masuk Kawasan Puncak Hari Ini

Baca juga: Ganjil Genap Puncak Sabtu (9/10/2021), Polisi Terapkan Buka Tutup Pukul 12.30 WIB

Erick mengatakan, pengembangan wisata air Situ Lebak Wangi ini merupakan contoh bagaimana program BUMN dekat dengan rakyat dan bekerja sama dengan pemda melalui BUMDes.

Kendati demikian, saat ini dirinya mengaku tengah fokus bagaimana memaksimalkan program corporate social responsibility (CSR) agar mampu memberikan multiplier effect yang besar.

Obyek wisata Situ Lebak Wangi yang berlokasi di RT 005 RW 001 Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, kembali dibuka pada Kamis (7/10/2021).
Obyek wisata Situ Lebak Wangi yang berlokasi di RT 005 RW 001 Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, kembali dibuka pada Kamis (7/10/2021). (Tribunnewsdepok.com/Hironimus Rama)

Sebab, destinasi wisata pada desa-desa juga erat kaitan dengan pengembangan sumber daya manusianya.

Baca juga: Profil Lengkap Gus Baha, Pesaing Said Aqil yang Jadi Kesayangan KH Maemoen Zubair

Baca juga: Kondisinya Kritis Ketika Dilarikan ke Rumah Sakit, Dorce Meronta-ronta, Keluarga Minta Diikhlaskan

Untuk itu, pendidikan menjadi kunci karena memang kualitas SDM harus ditingkatkan agar lingkungan hidup yang selama ini memberikan sumber daya alamnya juga harus terus dirawat kembali.

“Banyak yang sudah kita dapatkan dari sumber daya alam tetapi kita tinggalkan, makanya lingkungan hidup menjadi kunci CSR dari perusahaan-perusahaan BUMN,"ujar Erick Thohir. 

"Terakhir adalah UMKM, memang suka tidak suka harus punya keberpihakan yang jelas, tidak hanya UMKM itu jadi objek, tetapi harus jadi objek, harus kita pastikan keberpihakannya itu tidak hanya pendanaan, tapi pendampingan juga akses," ujarnya.

"Mudah-mudahan program BUMN hadir sangat dekat dengan rakyat, kuncinya gotong-royong,” tutupnya berharap.

Baca juga: Depok Hari Ini Sabtu 9 Oktober, Prakiraan Cuaca BMKG:  Cerah Suhu Udara Panas dan Malam Hujan

Baca juga: Sandiaga Uno Yakini UMKM Surakarta Mampu Pulihkan Ekonomi Bangsa Lewat Produk Berkelas Dunia

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengucapkan terima kasihnya kepada BUMN, khususnya Mining Industry Indonesia (MIND ID) karena program CSR itu telah diserap dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved