Breaking News:

Viral Media Sosial

Dikritik Hamburkan Rp 2 Triliun untuk Ajang Formula E di Tengah Pandemi, Ariza: Dibebankan ke Swasta

Dikritik Hamburkan Anggaran Rp 2 Triiun untuk Formula E di Tengah Pandemi Covid-19. Ariza: Dibebankan ke Swasta

Warta Kota
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, GAMBIR - Dikritik banyak pihak lantaran dianggap menghamburkan anggaran lebih dari Rp 2 triliun untuk ajang Formula E di tengah pandemi covid-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza ) angkat bicara.

Ariza menyebut pendanaan ajang balap mobil yang digelar pada Juni 2022 itu tidak hanya dibebankan melalui anggaran daerah, tapi sponsor dari pihak swasta.

“Nanti tidak hanya dibebankan dari APBD, bahkan nanti dibebankan ke swasta,” ujar Ariza di Balai Kota DKI, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (14/9/2021). 

Menurutnya, pemerintah daerah berkomitmen untuk menunaikan kesepakatan yang tertuang dengan Formula E Limited.

Bahkan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta juga ditindaklanjuti untuk menggelar ajang itu agar tertib administrasi dan penganggaran.

Ariza menyatakan, BPK tidak pernah merekomendasikan supaya ajang balap itu ditunda atau dibatalkan.

Namun auditor negara itu menyarankan pemerintah daerah untuk memperbarui studi kelayakan yang dilengkapi dengan mitigasi bencana Covid-19, dan mencari sumber pembiayaan mandiri, sehingga tidak mengandalkan APBD.

Baca juga: Bakal Wariskan Gugatan Internasional Disebut Denny Siregar Jadi Alasan Anies Ngotot Gelar Formula E

Baca juga: Analogikan Cewek Berbaju Seksi, Gus Nadir Minta Santri Jangan Digeneralisir dengan Islam Garis Keras

“Dari BPK jangankan penundaan (Formula E), temuan dari BPK saja tidak ada. Silakan dicek langsung di BPK, karena kami sesuaikan dengan aturan ketentuan berdasar ketentuan bersama,” imbuhnya.

Terkait pelaksanaan Formula E, Pemprov DKI Jakarta pun menyatakan bakal melunasi biaya komitmen atau comitment fee selama lima musim untuk periode 2020-2024.

Dirinya mengklaim, sejauh ini tidak ada masalah dengan biaya komitmen yang disetor pemerintah daerah kepada pihak penyelenggara, Formula E Limited.

Halaman
1234
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved