PPKM Darurat

Ganjil Genap di Bandung Masih Berlaku Akhir Pekan Ini, Simak Lokasi Selengkapnya

Ganjil Genap di Bandung Masih Berlaku Akhir Pekan Ini, Simak Lokasi Selengkapnya

Editor: Dwi Rizki
Tribunnewsdepok.com/Hironimus Rama
Pemerintah Kabupaten Bogor menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak, Bogor, pada akhir pekan lalu (3-5 September 2021). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Penerapan ganjil genap di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat yang diterapkan sejak Sabtu (4/9/2021) masih berlaku pada akhir pekan ini.

Tercatat, ada sebanyak lima titip penyekatan ganjil genap yang berlaku setiap akhir pekan, yakni mulai dari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sistem lalu lintas ganjil genap berlaku di lima titik keluar gerbang tol yang merupakan akses jalan tol masuk ke Kota Bandung. Kelima gerbang tol itu yakni Gerbang Tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Muhamad Toha, dan Buahbatu.

Dikutip dari Kompas.com, Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, jadwal ganjil genap di Bandung berlaku pada pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Kita siapkan personel gabungan baik dari Polri, TNI dan Dishub, sebanyak 467 personel dalam pelaksanaan ganjil genap, untuk kendaraan yang masuk ke Kota Bandung," kata Aswin Sipayung pada Kamis (2/9/2021).

Baca juga: PPKM Level 2-3 Jawa Bali Diterapkan, Berikut 51 Lokasi Ganjil Genap di Jawa Barat Akhir Pekan Ini

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKBP Rano Hadiyanto mengatakan, lima gerbang tol tersebut merupakan akses favorit bagi masyarakat luar kota untuk masuk ke Kota Bandung.

Selain itu, menurut dia, pelaksanaan ganjil genap hanya dilakukan pada akhir pekan, karena angka volume kendaraan yang masuk berpotensi meningkat pada hari-hari tersebut.+

Baca juga: Laporan Balik Terduga Pelaku Ditolak, Kuasa Hukum Korban Pelecehan Seksual Apresiasi Polisi

"Pada saat weekend kemungkinan lonjakan mobilitas itu cukup tinggi, sehingga kita bisa mengantisipasi dengan ganjil genap," kata Rano.

Pemberlakuan ganjil genap itu dilihat berdasarkan angka terakhir pada pelat nomor kendaraan.

Lalu, penerapan ganjil atau genap menyesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut.

"Misalnya besok ganjil, jadi hanya yang angkanya ganjil saja yang boleh masuk, misalnya angka ujungnya 1, 2, 3, 7, itu boleh," kata Rano.

51 Titik Ganjil Genap Jawa Barat

Seiring dengan penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-3 Jawa Bali, pihak Kepolisian kembali menerapkan aturan ganjil genap pada akhir pekan ini.

Dikutip dari Kompas.com, penerapan ganjil genap di wilayah Jawa Barat meliputi 51 titik penjagaan, antara lain Bandung, Cimahi, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Cirebon, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved