Metropolitan

Percepatan Implementasi KPBU, Perumda PAM Jaya Kolaborasi dengan PT Moya Indonesia

Percepatan Implementasi KPBU, Perumda PAM Jaya Kolaborasi dengan PT Moya Indonesia

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin dan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herri Trisaputra Zuna di Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (8/12/2022).  

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - kebut implementasi skema bisnis Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Perumda PAM Jaya berkolaborasi dengan PT Moya Indonesia dalam mengelola sejumlah Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di DKI Jakarta. 

 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herri Trisaputra Zuna memastikan, skema KPBU menjadi solusi alternatif pembiayaan dalam sejumlah proyek infrastruktur pemerintah. 

 

"Sebagai ilustrasi, Bundling PAM prosesnya hanya 3 bulan, terus kita juga di Kementerian PUPR untuk KPBU kurang lebih lelangnya sekitar 4 bulan, kalau dulu ada KPBU cukup lama. Kalau sekarang sudah cepat sehingga ini bisa menjadi tools kita mengejar percepatan," ujar Herry di Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (8/12/2022). 

Menurutnya, ada sejumlah proyek pemerintah yang saat ini ditawarkan dengan skema KPBU. Seperti jalan tol trans Papua sepanjang 50 kilometer, SPAM Juanda, bendungan, irigasi, perumahan dan lainnya. 

 

Bersamaan, Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengakui bahwa skema bundling yang dijalankan PAM Jaya dengan PT Moya Indonesia menjadi pilot project implementasi skema KPBU

"Ini memang pilot projek, pertama untuk industri air ya, yang bisa memanfaatkan aset yang saat ini ada, kemudian didaya gunakan untuk membiayai aset-aset baru," kata Arief. 

 

Menurutnya, skema bundling ini perlu juga diterapkan di daerah lain untuk mempercepat perluasan cakupan layanan air bersih kepada masyarakat.

Skema KPBU ini, tegasnya, menjadi salah satu sumber pendanaan untuk mempercepat proses air perpipaan di Indonesia. 

Baca juga: Marsha Aruan Terpukul Ayahnya Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung: Aku Belum Bisa Banyak Bicara

Baca juga: Pembangunan GOR Kecamatan Bogor Utara Hampir Rampung, Ini Pesan Ketua DPRD Kota Bogor

"Kerja sama bundling dapat mempercepat peningkatan cakupan pelayanan SPAM DKI Jakarta dan tetap menjaga keberlanjutan operasi kepada pelanggan," kata Arief. 

 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved