Breaking News:

Mahasiswa UI

Mahasiswa Universitas Indonesia Bikin Robot Tak Berawak Bernama Makara Perry Sang Legenda Platipus

Namanya Makara Perry robot tak berawak yang dibikin mahasiswa Universitas Indonesia UI meriah juara di kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Humas dan KIP UI
Mahasiswa Universitas Indonesia Bikin Robot Tak Berawak Bernama Makara Perry Sang Legenda Platipus 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Mahasiswa Universitas Indonesia bikin robot tak berawak, Namanya Makara Perry, raih juara nasional.

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali membuat inovasi yang mengagumkan. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia FTUI membuat robot tak berawak.

Robot tak berawak itu bernama Makara Ferry. Robot tak berawak tersebut merupakan tokoh animasi sang legenda Platipus.

Baca juga: Warning, Satgas PPKS Universitas Indonesia Orang-orang Pilihan untuk Cegah Kekerasan Seksual di UI

Perry si Platipus, dikenal juga sebagai Agen P atau disingkat Perry, adalah seekor platipus antropomorfik yang tak berbicara dari serial televisi animasi Phineas dan Ferb

Namun secara rahasia, Perry menjalani kehidupan ganda sebagai anggota organisasi spionase hewan yang disebut O.W.C.A. (Organization Without a Cool Acronym

Robot tak berawak itu buatan Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI. Tim AMW UI mengintegrasikan beberapa komponen dalam membuat Makara Perry.

Di antaranya adalah elemen depth sensor misalnya berfungsi agar robot dapat mengetahui kedalaman dari kolam atau medannya.

Lalu, computer vision yang merupakan kamera berjenis Razer Kiyo X berfungsi sebagai input gambar untuk AUV dengan resolusi dan frame rate yang tinggi, sehingga AUV dapat melakukan image processing.

Selain itu, tim juga mengintegrasikan computing device jenis Nvidia Jetson Xavier NX, mini komputer dengan waktu proses yang cepat yang memungkinkan AUV Makara Perry melakukan tugas-tugas seperti image processing, object recognition, dan data aggregation secara parallel.

“Konfigurasi thruster yang digunakan adalah empat thruster vertikal yang disusun sedemikian rupa untuk membantu ASSD melakukan heave and roll, sedangkan untuk bidang horizontal, ASSD menggunakan pendorong dan kemudi untuk melakukan gerakan surge dan yaw. Dengan demikian, drone dapat bermanuver pada lima derajat kebebasan,” kata Valerie Olive Suryono salah seorang anggota Tim SMV UI (Tenik Elektro 2020).

Valerie menambahkan bahwa komponen-komponen tersebut ditempatkan pada dua enclosure kedap air berbahan dasar akrilik. Enclosure Makara Perry didesain secara khusus untuk mengakomodasi komponen-komponen elektrik yang ada pada AUV 

Baca juga: Dekan FEB Universitas Indonesia Sebut Lari Malam Hari dalam UI Ultra 2022 Miliki Pesan Mendalam

Inovasi mahasiswa UI tersebut membuat Makara Perry meraih juara dua di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022.

Kontes tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) belum lama ini.

Pada ajang kompetisi tersebut, Tim AMV UI bertanding pada kategori Performa dan Prototipe Kapal Autonomous Semi Submarine Drone.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved